Navigation

Ide Habis? Mau Copy Paste Artikel Orang? Baca Ini Dulu!

Ada ribuan blogger di Indonesia dan rasa-rasanya ada jutaan dari mereka yang lebih suka CoPas (Copy Paste) artikel dari blog orang lain dibanding menulis artikel dengan otak dan tangan mereka sendiri. Saya juga heran, bahkan sampe status Facebook saya pun tidak luput dari aksi para pencopas. Apakah bangsa ini sudah nda kreatif atau makin malas mikir? Heran bin Takjub...

Sebenarnya tidak ada masalah dengan meng-copas artikel orang lain sepanjang kita DIIZINKAN untuk melakukannya. Jadi kalo mau copas tolong menghubungi yang punya blog dan bilang pada yang punya blog bahwa artikelnya menarik sekali sampai-sampai membuat kamu mau menyebarkannya secara utuh dengan cara copas. Di sini ada dua hal mengenai etika copas-mengcopas yang perlu kamu perhatikan:

Copas boleh asal sudah mendapat izin

Banyak orang yang meminta izin copas dengan kalimat seperti ini, "Bang, izin copas ya! Thanks!" tapi tanpa pake acara menunggu konfirmasi dari si pemilik artikel eh langsung saja main copas. Itu namanya bukan minta izin copas tapi minta izin mencuri.

Kamu bisa menghubungi pemilik blog melalui kolom komentar di blognya atau lewat email. Jangan lupa, setelah mengirim pesan, tunggu dulu balasan dari si pemilik blog -- apakah kamu diizinkan atau tidak untuk meng-copas.

Terpaksa copas tanpa izin? Sertakan link ke blog sumber

Kadang kita membaca blog orang dan tertarik dengan sebuah artikel yang menurut kita perlu disebarkan agar dibaca lebih banyak orang. Lalu kita copaslah artikel tersebut dan kita 'transfer' ke blog kita tanpa menunggu izin dari pemilik blog sumber artikel tadi. Ini tidaklah menjadi masalah APABILA si pencopas menyertakan link menuju blog asal artikel tersebut.

Dua hal di atas adalah etika dasar sebagai manusia. Tidak usah kita bicara soal hukum yang mengatur tentang copas-mengcopas, cukup kita gunakan etika standar saja sebagai manusia. Bahwa ketika kita minta sesuatu milik orang untuk dibagikan ke diri kita, maka kita wajib meminta izin. Itu saja.

Untuk para blogger yang selalu pusing karena artikelnya dicopas sana sini, jangan malah jadi malas menulis. Tetaplah menulis seperti biasa. Yang paling penting adalah ciptakan gaya menulis yang khas. Tulislah artikel yang 'kamu banget'. Dengan gaya yang khas, tentunya artikel kamu akan sangat kontras bila dipasang di dalam blog orang lain.

Dan juga jangan khawatir karena search engine (dalam hal ini Google) bakal tau siapa yang paling duluan menulis sebuah artikel. Jadi walaupun orang meng-copas artikel kamu sampai berkali-kali, posisi blog kamu di search engine tetap akan lebih baik dibanding blog si pencopas. Robot Google sudah makin pintar sekarang, mungkin robotnya ikut program wajib belajar 9 tahun! Hehehe...
Source : http://www.kompasiana.com/elvinmiradi/ide-habis-mau-copy-paste-artikel-orang-baca-ini-dulu_55099960a33311494b2e3ad4

NB : Web Ini mencopas full dan selalu menyertakan Link dari postingan yang di copas, mohon maaf bila artikel atau postingannya di copas.
Bagi yang keberatan silahkan  email ke :  copassanasinicom@gmail.com


Share
Banner

Copas Sanasini

Post A Comment:

0 comments: