728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 24 December 2015

    5 Kisah unik pelarangan kopi dari berbagai belahan dunia



    Merdeka.com - Saat ini kopi merupakan salah satu minuman yang disukai dan dikonsumsi oleh banyak orang di dunia. Tetapi sepanjang sejarah, ternyata pernah ada kisah-kisah pelarangan kopi dari berbagai belahan dunia. Terdapat berbagai alasan yang mendasari pelarangan minuman ini. Berikut dilansir dari Mental Floss, lima kisah pelarangan kopi dari berbagai belahan dunia.


    1. Mekkah


    Kopi pernah jadi minuman yang dilarang peredarannya oleh otoritas pemerintahan kota Mekkah pada tahun 1511. Pada saat itu gubernur dari wilayah tersebut percaya bahwa minuman ini dapat memunculkan perilaku radikal. Selain itu berkumpul dengan banyak orang sambil minum kopi juga disebut merupakan cara bagi kelompok oposisi di wilayah tersebut untuk bersatu dan bertemu. Kopi juga dianggap sebagai hal yang buruk karena dipergunakan oleh sebuah kelompok sufi tertentu untuk tetap terjaga selama berdoa di dalam proses pemakaman.


    2. Italia


    Ketika kopi mulai masuk di Eropa pada kisaran abad ke-16, banyak pemuka agama yang meminta agar minuman tersebut dilarang dan dianggap sebagai minuman setan. Tetapi kondisi berubah ketika Paus Clement VIII mencicipi kopi dan menyatakan bahwa minuman tersebut lezat dan bahkan dianggap sebagai minuman yang diberkati. Persetujuan dan berkat dari Paus tersebut membuat persebaran minuman ini di Eropa menjadi semakin pesat dan banyak berdiri.


    3. Konstantinopel


    Setelah Murad IV tahta kekaisaran Utsmani pada 1623, dia mulai menerbitkan larangan terhadap kopi dan menciptakan hukum baru yang mengatur minuman tersebut. Hukuman bagi orang yang ketahuan pertama kali mengonsumsi kopi adalah mendapat hukuman pukul. Sedangkan jika orang tersebut tertangkap masih mengonsumsi kopi maka dia akan dimasukkan pada sebuah kantong kulit yang dijahit dan dilemparkan ke laut Bosporus.


    4. Swedia


    Larangan kopi di Swedia berlaku pada kisaran tahun 1746. Pada saat itu kopi merupakan minuman terlarang dan dianggap serupa racun. Bahkan terdapat sebuah profesi khusus di kerajaan yang mencicipi apakah hidangan keluarga raja mengandung kopi atau tidak. Pada saat itu bahkan seorang pembunuh akan dihukum dengan minum kopi hingga mati. Tentu saja membunuh dengan minum kopi ini membutuhkan waktu yang sangat lama karena tidak ada kandungan racun di dalamnya.


    5. Prussia


    Pada tahun 1777, raja Frederick dari Prussia membuat sebuah manifesto yang menyatakan keunggulan bir dibanding kopi. Dia beralasan bahwa saat itu dominasi kopi mulai menekan beer yang merupakan minuman khas dari wilayah tersebut. Dia meminta rakyatnya untuk mengganti dan membuang semua kopi mereka lalu menggantinya dengan bir.

    Itu lah lima kisah unik pelarangan kopi dari berbagai belahan dunia yang pernah terjadi dalam sejarah manusia


    [RWP]
    Source : http://www.merdeka.com/gaya/5-kisah-unik-pelarangan-kopi-dari-berbagai-belahan-dunia.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 5 Kisah unik pelarangan kopi dari berbagai belahan dunia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top