728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 29 December 2015

    6 Teknologi Star Wars yang Jadi Kenyataan

    Star Wars bukan hanya memberikan pengaruh pada budaya tapi juga kemajuan teknologi.
    Muvila.com – Jutaan penggemarnya sudah berbondong-bondong menyaksikan film ketujuhStar Wars di bioskop-bioskop dunia. Besarnya antusiasme penonton terhadap film ini membuat Star Wars: The Force Awakens berturut-turut memecahkan rekor box office dunia. Ketenaran Star Wars ini memang sudah tidak dapat dibantah lagi, bahkan mampu pengaruhnya besar pada kebudayaan dan kemajuan teknologi di masa depan.
    Franchise film fiksi ilmiah yang menyuguhkan beragam teknologi ini telah mengilhami para penemu dan insinyur untuk mewujudkan beberapa teknologi futuristik Star Wars menjadi kenyataan. Ketika film Star Wars pertama menghantam layar lebar, penontonnya mengagumi segala macam teknologi canggih di dalamnya, seperti Lightsaber, hoverbike dan beberapa droid.
    Kini, setelah empat dekade kemudian, beberapa teknologi Star Wars telah ada dalam kehidupan nyata. Apa saja? Ini dia.
    SPEED BIKER
    Return of Jedi memperkenalkan salah satu kendaraan terbang yang luar biasa yang mampu melayang beberapa kaki di atas tanah sambil membawa satu pengendara. Aerofex lalu membuat sepeda melayang-layang itu dalam kehidupan nyata. Aerofex memamerkan video penerbangan uji dan mengatakan bahwa sepeda melayang buatannya itu dapat melakukan perjalanan hingga 30 mph dan "mengambang " setinggi 15 kaki di atas tanah.
    Hak Cipta : tech portal
    LIGHTSABER
    Banyak gadget ditampilkan dalam film Star Wars yang membuat kita menahan nafas menunggu mereka ada di planet bumi ini. Tapi untungnya, para penggemarnya terus mencoba. Salah satu penemu membuat sendiri Lightsaber yang mampu membelah kardus, kayu atau benda plastik yang ada di jalan. Laser 300mW ini memancarkan sinar biru, seperti laser pointer pada steroid.
    Hak Cipta : tech portal

    HYPER DRIVE
    Ketika muncul di film Star Wars, kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan super tinggi. NASA mencoba membuat kendaraan secepat Hyper Driver di laboratorium Eagleworks di bawah pimpinan ilmuwan top Dr Harold "Sonny" White. Akan tetapi kendaraan tersebut masih dalam sejumlah uji coba.
    Hak Cipta : tech portal

    TANGAN BIONIK
    Bahkan orang-orang yang belum pernah melihat Star Wars tahu bahwa Luke Skywalker kehilangan tangan dalam pertempuran epik lightsaber. Dalam film, tangan terputus diganti dengan tangan cybernetic yang bekerja kurang lebih seperti tangan aslinya. Pada awal tahun ini, tangan bionik yang paling canggih yang pernah dibuat ditemukan pada remaja London berusia 26 tahun yang terlahir tanpa tangan kanannya. Selain bergerak, memutar dan meraih, BeBionic juga memiliki bisa merasakan sentuhan.
    Hak Cipta : tech portal


    HOLOGRAM
    "Bantu aku, Obi - wan Kenobi" mungkin itulah adalah kata yang paling terkenal yang pernah diucapkan lewat sebuah hologram. Teknologi proyektor hologram itu kini digunakan untuk memunculkan kembali patung Buddha kuno di Afganistan. Taliban menghancurkan patung-patung pada tahun 2001, meninggalkan lubang menganga di lanskap budaya bagi rakyat Afghanistan. Orang-orang China menciptakan proyektor 3D khusus yang harganya 120.000 dolar AS untuk mengembalikan Buddha Bamiyan tercinta. Hologram diuji di China sebelum proyektor diberikan kepada rakyat Afghanistan sebagai hadiah.
    Hak Cipta : tech portal

    DROIDS CERDAS
    Pepper memang bukanlah C-3PO , tapi ia cukup menggemaskan dan termasuk robot cerdas seperti C-3PO. Pepper adalah sebuah robot cerdas dengan perawakan pendek yang dirancang untuk berinteraksi dengan anak-anak kecil. Robot ini terjual 1.000 unit di bawah satu menit.
    Hak Cipta : tech portal
    http://www.muvila.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 6 Teknologi Star Wars yang Jadi Kenyataan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top