728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 30 December 2015

    9 Cara orang bermental baja dalam mengatasi stres


    Brilio.net - Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Apalagi ketika ada dalam tekanan pekerjaan atau permasalahan lainnya. Bisa jadi kamu pernah mengalami kondisi ini, hebat jika kamu bisa melewatinya. Nah, apa yang membuatmu bisa bertahan melalui kondisi menekan sampai akhirnya orang pantas menyebutmu bermental baja?

    Dikutip brilio.net dari TIME, Selasa (10/11), berikut sembilan cara kamu mengendalikan stres sehingga kamu dianggap menjadi orang kuat:

    1. Kamu menjaga masalah dalam perspektif positif
    Stres bisa dengan mudah berkembang menjadi rasa frustrasi. Ini bisa berbahaya kalau sudah sampai pada tahap depresi dan ingin bunuh diri. Tapi bagi kamu yang bermental baja, kamu nggak akan membiarkan stres itu melarutkan kamu lebih dalam. Menurut Amy Morin, seorang psikoterapis penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, kamu akan membingkai ulang pikiran negatif ke dalam sesuatu yang lebih realistis dengan menjaga stresmu tetap dalam perspektif yang positif.

    2. Kamu menjamin diri sendiri bisa mengatasi stres
    Kepercayaan diri bahwa diri bisa mengatasi semua masalah adalah kunci yang dimiliki orang bermental kuat, dan itu kamu. Bukannya bilang  "Saya nggak bisa mengendalikan semua masalah ini", kamu justru bilang "Ya, saya bisa mengatasi stres dan saya akan baik-baik saja tak peduli apa pun yang terjadi."

    3. Kamu fokus terhadap apa yang dapat kamu kontrol
    Rusaknya sesuatu yang sudah diatur rapi pasti bikin kesel dan bisa bikin stres. Tapi buat kamu yang bermental kuat, kesel sih, iya, tapi kamu sadar itu tanggung jawabmu. Kamu akan mengatur ulang kembali seperti seharusnya. Tapi kalau memang nggak sesempurna seperti sebelumnya, kamu nggak ambil pusing. Kamu sadar, mana yang memang kuasamu untuk mengatur dan mana yang nggak. Kamu tahu diri kapan harus ngoyo dan angkat tangan.

    4. Kamu sadar sumber stresmu
    Kamu tahu dari mana asalnya stresmu itu. Dengan begitu, kamu mengatasinya supaya stres dengan sumber yang sama nggak datang kembali.

    5. Kamu mampu memanfaatkan kekurangan
    Sebagai orang yang bermental baja, kamu mampu memanfaatkan kekurangan diri dengan hal positif. Bahkan saat kamu tahu dirimu salah, kamu nggak berupaya mencari alasan, apalagi kambing hitam. Kamu fokus pada bagaimana menjadikan dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    6. Kamu banyak bergaul dengan orang-orang positif
    "Dukungan sosial adalah hal penting untuk mencegah stres, dan orang bermental kuat bergaul dengan orang positif," kata Morin. Kalau kamu bergaul dengan orang pesimis, dunia terasa sempit bagimu. Setuju, nggak?

    7. Kamu mengutamakan prioritas
    Kamu adalah orang yang anti-menghabiskan waktu dan energi melakukan sesuatu yang sia-sia. Justru kamu tahu caranya fokus melakukan hal-hal positif dan bermanfaat, baik bagi dirimu sendiri maupun orang lain.

    8. Kamu nggak lupa bersenang-senang
    Bersenang-senang di sini adalah menikmati kebersamaan dengan pasangan atau keluarga, atau bisa juga sendirian, untuk menikmati aktivitas menyenangkan. Sebut saja seperti menonton film, piknik, relaksasi, dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas seperti ini dapat membangun kekuatan mentalmu. Jadi, kamu nggak dirundung stres mulu.

    9. Kamu bisa melakukan keterampilan coping yang sehat
    Kamu bisa mengendalikan diri dalam menghadapi hal negatif, termasuk kebiasaan hidup yang buruk seperti asal makan, minum minuman beralkohol, merokok, dan sebagainya. Saat merasa tertekan, kamu justru melakukan hal positif seperti olahraga, jalan pagi, meditasi, tidur rutin, dan melakukan hal menyenangkan tapi positif seperti menonton film di bioskop dan sebagainya.
    (brl/ani)
    https://www.brilio.net
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 9 Cara orang bermental baja dalam mengatasi stres Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top