728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 25 December 2015

    Basahi Kulit Pakai Ludah, Bibir Kering Malah Bisa Jadi Tambah Parah

    Foto: Thinkstock

    Jakarta, Cara paling mudah yang mungkin sering dilakukan seseorang saat bibir mulai terasa kering adalah dengan menjilat, sehingga bibir basah oleh air liur. Secara teori seharusnya air liur bisa melembapkan bibir namun demikian apakah hal tersebut efektif?

    Spesialis kulit dari D&I Skin Center Denpasar, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, menyarankan bibir yang kering sebaiknya diatasi dengan pelembap bibir. Air liur saja tak cukup dan malah sebaliknya bisa saja memperparah kondisi bibir.

    "Membasahi bibir dengan ludah bukan merupakan solusi yang baik untuk mengatasi bibir kering, sebab kebiasaan membasahi bibir ini malahan yang membuat bibir menjadi bertambah kering," kata dr Darmaputra yang akrab disapa dr Darma ini kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (23/12/2015).

    Mengapa hal ini bisa terjadi dijelaskan oleh dr Darma karena di dalam air liur bisa terdapat hal yang mengiritasi kulit. Proses terjadinya bibir kering sebetulnya lebih banyak disebabkan oleh adanya reaksi alergi iritasi terhadap bahan tertentu seperti misalnya pada lipstik.

    "Proses terjadinya sesuai dengan reaksi iritasi ringan, sebab di dalan air liur terkandung enzim yang biasanya berguna dalam membantu mencerna makanan. Enzim tersebut yang menimbulkan iritasi sehingga bibir menjadi kering," papar dr Darma.

    Pelembap di lain sisi dibuat sengaja untuk menjaga kelembaban bibir tanpa mengiritasi.

    "Kalau keluhan kering dan pecah-pecah ringan, cukup menggunakan pelembap bibir. Pelembap bekerja untuk mencegah penguapan, dan melembutkan bibir," pungkas dr Darma.

    (fds/vit)
    Source : http://health.detik.com/read/2015/12/23/195427/3103638/775/basahi-kulit-pakai-ludah-bibir-kering-malah-bisa-jadi-tambah-parah?l993303755
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Basahi Kulit Pakai Ludah, Bibir Kering Malah Bisa Jadi Tambah Parah Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top