728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 26 December 2015

    Bayi Sering Kentut Pertanda Kembung? Ini Kata Dokter

    Foto: Thinkstock

    Jakarta, Jika bayi sering kentut, biasanya ibu akan berpikir sang anak kembung atau masuk angin. Namun dokter menyebutkan bahwa sering kentut pada bayi adalah wajar dan bisa disebabkan oleh hal lain.

    Menurut dr Meta Hanindita, SpA, umumnya buang angin yang banyak dialami bayi adalah karena produksi gas di dalam usus besar berlebihan atau bisa juga karena menelan udara ketika mengisap ASI. 

    "Penyebab lainnya bisa karena beberapa macam gas yang diproduksi oleh kuman komensal yang tidak berbahaya di dalam usus besar. Kuman tersebut melakukan proses fermentasi karbohidrat yang tidak diserap usus halus," ujar dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini kepada detikHealth, Jumat (25/12/2015).


    Meskipun demikian, dr Meta menegaskan bahwa kondisi ini akan hilang sendiri seiring dengan usia bayi yang bertambah. "Selain itu untuk bayi yang mendapat ASI, kandungan laktosa dalam ASI juga bisa membuat bayi sering kentut," imbuhnya.

    Lantas perlukah memakaikan minyak telon bila bayi sering kentut? Karena kondisi ini dianggap masih wajar dialami bayi, dr Meta menegaskan bahwa sering kentut bukan suatu penyakit yang harus diatasi atau diobati. Sehingga tak perlu langsung memakaikan minyak telon pada perut bayi.

    "Selama bayi tidak rewel, no problemo!" tegasnya.


    (ajg/ajg)
    Source : http://health.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bayi Sering Kentut Pertanda Kembung? Ini Kata Dokter Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top