728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 26 December 2015

    Bercak Putih di Lidah Bayi karena Sisa ASI atau Jamur? Ini Bedanya

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Perhatikan lidah bayi Anda, apakah terdapat bercak-bercak putih? Jika ya, kemungkinan Anda akan berpikir ini karena sisa ASI. Padahal perlu diketahui bahwa kondisi ini juga bisa muncul akibat jamur.

    dr Meta Hanindita, SpA menyebutkan bahwa istilah untuk kondisi mulut yang mengalami bercak berwarna keputihan disebut oral thrust. Biasanya berawal dari permukaan lidah, lalu menjalar ke selaput lendir di pipi sebelah dalam, daerah gigi geraham, langit-langit mulut, gusi, tenggorokan, amandel, dan bisa mencapai saluran napas atas.

    "Rongga mulut bayi menjadi kering sampai menyebar ke sudut mulut serta muncul lapisan berwarna putih. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya, tapi dapat mengganggu proses pemberian ASI," ujar dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini kepada detikHealth, Sabtu (26/12/2015).

    Menurut dr Meta, bercak putih pada lidah bayi penyebabnya bisa karena bekas susu, tapi bisa juga karena jamur atau candida. Bagaimana membedakannya?

    "Jika sulit dihapus (menggunakan kasa steril), besar kemungkinannya adalah jamur. Selain itu bisa juga dibedakan dari selaput tipis berwarna putih. Jika hanya menutup lidah dan rata biasanya bukan jamur, tetapi bekas susu. Tetapi bila lapisan di lidah tersebut tersebut tebal menutup lidah dapat juga disebabkan oleh candida," tuturnya.

    Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk selalu memerhatikan kebersihan lidah bayi. Bersihkan lidah bayi dengan cara mengusapkan kasa steril yang telah dibasahi dengan air matang secara perlahan.

    Khusus bagi bayi yang sering diberi empeng, dr Meta berpesan pada orang tua untuk mencuci dan merendam empeng dalam air panas selama beberapa menit sebelum diberikan pada bayi.


    (ajg/vit)
    Source : http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bercak Putih di Lidah Bayi karena Sisa ASI atau Jamur? Ini Bedanya Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top