728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 29 December 2015

    Bos Freeport-McMoRan James Moffett Mengundurkan Diri

    Pendiri Freeport-McMoRan Inc, James Moffett mengundurkan diri dari posisinya sebagai executive chairman dan dewan komisaris. Foto: Reuters

    BENGALURU - Pendiri Freeport-McMoRan Inc, James Moffett mengundurkan diri dari posisinya sebagai executive chairman dan dewan komisaris, setelah perusahaan menempatkan dua direktur baru di bawah tekanan investor miliarder Carl Icahn.

    Freeport mengatakan Moffett, telah ditunjuk sebagai chairman emeritus, menjadi konsultan untuk dewan dan mengawasi perusahaan pada operasinya di Indonesia. Moffett, 77, memainkan peran kunci dalam pengembangan tambang emas Grasberg dan tembaga di Indonesia, salah satu yang terbesar di dunia.

    Atas pergeseran ini saham Freeport turun lebih dari 9% menjadi USD6,86 pada Senin (28/12/2015) waktu setempat.

    "Setelah pertimbangan cermat, dewan menyimpulkan bahwa perubahan dalam posisi chairman berada dalam kepentingan terbaik dari perusahaan dan pemegang saham," ujar juru bicara perusahaan dalam sebuah email, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/12/2015).

    "Moffett dan dewan saling sepakat bahwa dia akan mengundurkan diri," katanya.

    Icahn, yang memiliki 8,8% saham Freeport pada 22 September 2015, telah mengkritik biaya penambangan, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah.

    Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada Oktober lalu, membatasi jumlah anggota dewan. Perusahaan akan mengurangi jumlah direksi menjadi sembilan dari 16 orang, serta memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan.

    Freeport memasuki bisnis minyak dan gas pada 2013 dengan perolehan Plains Exploration dan McMoRan Exploration sebesar USD9 miliar. Langkah ini mengangkat alis karena Moffett juga pemegang saham individu terbesar McMoRan dan menduduki CEO.

    "Sejak (Moffett) menjadi ketua, saham telah pergi jauh dari USD60 turun ke USD7," kata analis Tigress Financial Parteners, Ivan Feinseth.

    "Dan ketika saham itu mendekati USD60, mereka memutuskan untuk diversifikasi dari logam dan pertambangan menjadi minyak ... jadi itu akan menjadi keputusan yang buruk lain," jelasnya.

    Moffett, yang telah menjadi chairman Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak 1984, mendirikan McMoRan Oil & Gas Co pada 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada 1981.

    Eksekutif Kedua yang Mundur

    Dilansir dari Wall Street Journal, Moffet merupakan eksekutif energi kedua yang meninggalkan posisinya pada bulan ini, menyusul penggulingan Charif Souki yang merupakan chief executive dari eksportir gas alam Cheneire Energy Inc.

    Guncangan yang terjadi terhadap harga komoditas energi dan pertambangan menjadi pertanda pergeseran kepemimpinan dari pendiri perusahaan kepada yang lebih berpengalaman menghadapi krisis.

    Saham Freeport McMoran di perdagangan tengah pada Senin (28/12/2015) turun 8% menjadi USD6,95, dan telah turun lebih dari dua pertiga sepanjang tahun ini. Pada Oktober, dilaporkan kerugian hingga kuartal III mencapai USD3,8 triliun.

    Gerald J Ford dipastikan akan menjadi chairman non-executive Freeport McMoran, sementara Richard Adkerson tetap menjadi Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoran.

    "Selama lebih dari 50 tahun berkarier di industri sumber daya alam, Jim Bob (Moffet) telah menjadi ikon sebagai explorationist," ujar Ford.

    Sekadar diketahui, pria yang lebih dikenal dengan nama Jim Bob ini menjabat sebagai Executive Chairman Freeport McMoran antara 1984 dan 2003. Dia mendirikan McMoran Oil&Gas Co pada 1969 dan memimpin perusahaan merger yang dikenal dengan Freeport Minerals Co pada 1988.

    Jim Bob akan menerima pesangon sebesar USD16,1 juta dan menjadi dewan konsultan dengan pendapatan sebesar USD1,5 juta per tahun.


    (dmd)
    http://ekbis.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bos Freeport-McMoRan James Moffett Mengundurkan Diri Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top