728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 26 December 2015

    China temukan makam kuno berisi harta karun 285 koin emas

    Makam kuno berisi koin emas di China. ©2015 Merdeka.com/CCTV News

    Merdeka.com - Sebuah makam kuno di Kota Nanchang, Provinsi Jiangxi, China, ditemukan oleh sejarawan. Dalam makam seorang pejabat kerajaan kuno itu, terdapat 285 koin emas, 20 piringan emas murni, serta banyak lagi harta lainnya. Dengan demikian, makam tersebut memuat harta karun terbesar dalam 2 milenium terakhir yang pernah ditemukan dari sebuah makam.

    Makam itu berasal dari era Dinasti Han. Sosok yang dikebumikan di dalamnya bernama Hauhunhou, seorang anggota kerajaan yang kesohor pada masanya. Makam ini dibangun pada tahun 24 sebelum masehi.

    "Setiap koin emas di makam itu memiliki bobot 250 gram," seperti dilaporkan kantor berita Xinhua yang dilansir ulang CCTV News, Sabtu (26/12).

    Penggalian makam di Nanchang ini diprakarsai oleh tim arkeologi pemerintah Provinsi Jiangxi. Sejak 2011, lokasi di sekitar makam berisi harta karun itu sudah mulai diteliti. Pemicunya adalah maraknya pencurian makam oleh warga sekitar. Dari situ, tim sejarawan curiga ada orang besar yang dimakamkan, karena jumlah harta di kawasan pekuburan ini sangat melimpah.

    peneliti memindai isi makam kuno berisi harta karun emas di China 2015 Merdeka.com

    "Seandainya dulu kami tidak segera menggali kawasan di sekitar sini, pasti harta Hauhunhou habis dicuri," kata Kepala Tim Penggalian Yang Jun.

    Dari makam Hauhunhou saja, sudah ditemukan lebih dari 20 ribu jenis harta maupun perhiasan. Sepertiganya berupa benda bersepuh emas atau emas murni.

    Barang-barang ini rencananya diangkut ke laboratorium terlebih dulu untuk diteliti. Sedangkan jasad Hauhunhou sampai sekarang belum tergali, walau posisinya sudah ditemukan. Tim Yang Jun memperkirakan penggalian jasad itu akan selesai pada awal 2016. Nantinya, jasad sang pembesar Dinasti Han itu akan disimpan di ruang rendah oksigen, sebelum dipamerkan.

    [ard]
    Source : http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: China temukan makam kuno berisi harta karun 285 koin emas Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top