728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 31 December 2015

    Hal-hal yang Mesti Diperhatikan Ibu Ketika Hendak Menyusui Tandem

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Ketika jarak usia satu anak dengan adiknya tidak terlalu jauh, kemungkinan besar ibu harus menyusui tandem. Walaupun proses itu susah-susah gampang, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ibu saat hendak menyusui tandem.

    Diungkapkan konselor laktasi di Concord, Ohio, Michelle Carsen, pertama-tama, temukan posisi yang tepat. Carsen mengatakan posisi cradle atau football hold bisa menjadi pilihan ketika ibu menyusui tandem. Pada posisi cradle, bayi berada di lengan ibu dengan posisi tubuh yang menempel di perut ibu, seperti posisi menyusui pada umumnya.

    "Terapkan posisi itu untuk sang adik sedangkan pada si kakak, terapkan posisi cradle di mana tangan Anda memegang kepala dan lehernyadan posisi tubuh anak berlawanan dengan posisi tubuh ibu, persis seperti posisi ibu membawa bola di samping," terang Carsen, dikutip dari Fit Pregnancy pada Rabu (30/12/2015).

    Untuk mendahulukan mana anak yang disusui lebih dulu, Carsen menyarankan susui si adik karena bayi hanya mendapat asupan dari ASI. Sedangkan pada anak yang lebih besar, mereka sudah bisa mendapat asupan lain dari makanan pendamping ASI.


    Dalam melakukan menyusui tandem, Carsen mengingatkan proses menyusui dua anak sekaligus pasti amay melelahkan. Meskipun balita hanya tidak menyusu tiap 2 sampai 3 jam sekali seperti bayi, Carsen menekankan bahwa ibu tetap membutuhkan istirahat yang cukup.

    Maka dari itu, ketika siang hari saat bayi dan sang kakak tidur, maka ibu dianjurkan untuk beristirahat. Atau, ibu bisa meminta bantuan keluarga untuk bergantian menjaga bayi dan kakaknya. Saat menyusui tandem, bukan tidak mungkin ada komentar negatif dari orang lain.

    "Ketika hal itu terjadi, katakan bahwa banyak berbagai literatur menunjukkan jika tandem breastfeeding aman. Dukungan keluarga dan orang di sekitar juga penting karena saya melihat banyak wanita menyerah dalam melakukan tandem breastfeeding hingga ia hanya menyusui salah satu anaknya saja," tutur Carsen.

    Jangan lupa, ibu harus tetap memperhatikan asupan nutrisinya karena bagaimanapunb, menyusui membuat ibu membutuhkan lebih banyak nutrisi. Apalagi, ketika ibu menyusui dua anak sekaligus.


    (rdn/up)
    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hal-hal yang Mesti Diperhatikan Ibu Ketika Hendak Menyusui Tandem Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top