728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 31 December 2015

    Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas dan Asam, Rasa ASI Tidak Berubah Kok

    Foto: Thinkstock

    Jakarta, Makanan asam atau pedas dianggap tabu untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena disebut-sebut memengaruhi rasa ASI. Padahal menurut dokter, rasa ASI tidak semudah itu berubah-ubah.

    Menurut dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya, cabai yang biasa digunakan sebagai bumbu makanan pedas mengandung capsaicin. Nah, ada beberapa bayi yang memang sensitif terhadap zat ini.

    "Karena sensitif, maka jika ibu mengonsumsi makanan pedas, bayinya bisa mencret," ujar dr Meta kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (30/12/2015).

    Namun meskipun demikian, ada baiknya memang mencoba terlebih dahulu. Jika memang bayi tidak sensitif terhadap zat ini dan tidak ada yang berubah dari pola buang air besar bayi, maka ibu bisa kok makan makanan pedas. 

    "Untuk makanan asam juga mitos. Tidak berarti jika ibu makan asam, lalu anak akan mencret," imbuhnya.

    Yang terpenting dan tak boleh terlupakan adalah ibu menyusui harus selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ini agar ibu tak mudah terserang penyakit dan menurunkan kuantitas ASI.

    (ajg/up)
    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas dan Asam, Rasa ASI Tidak Berubah Kok Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top