728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 28 December 2015

    Inilah 4 Apartemen Terunik di Dunia

    Ide dan kreatifitas tanpa batas, membuat banyak arsitek mulai merancang gedung, rumah, kantor, hingga apartemen, dengan desain yang memukau.

    Liputan6.com, Jakarta - Ide dan kreatifitas tanpa batas, membuat banyak arsitek mulai merancang gedung, rumah, kantor, hingga apartemen, dengan desain yang mampu memukau mata

    Jika rumah dengan konsep dan tampilan yang unik sudah sering Anda lihat, bagaimana dengan apartemen? Dikutip dari Rumah.com, inilah rangkuman apartemen yang dirancang dengan gaya dan interior tak biasa.

    Turning Torso, Swedia

    Dilansir dari laman Wikipedia, HSB Turning Torso merupakan sebuah gedung pencakar langit di Malmö, Swedia, yang terletak di selat Öresund.

    Menara yang di dalamnya dipergunakan sebagai apartemen ini, dirancang oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava dan secara resmi dibuka pada 27 Agustus 2005. Ketinggian menara ini mencapai 190 meter (623 kaki) dengan 54 tingkat.

    Setelah selesai, menara ini menjadi bangunan tertinggi di Skandinavia, dan bangunan apartemen tertinggi kedua di Eropa, setelah Triumph-Palace setinggi 264 meter di Moskow.

    Alasan dibangunnya Turning Torso adalah untuk menciptakan kembali pencakar langit di Malmö, sejak penghancuran Kockums Crane pada 2002.

    Turning Torso pernah menyabet Penghargaan Pencakar Langit Emporis dengan margin terbesar sepanjang sejarah, melampaui Q1 Tower di Gold Coast City, Australia dan Montevideo Tower di Rotterdam, Belanda.

    Menara ini menggunakan kotak bertingkat lima yang berputar apabila dipasang; bagian paling atas berputar 90 derajat searah jarum jam dengan lantai dasar.

    Setiap lantai secara dasar berisi sebuah ujung persegi yang mengitari pusat gedung, bersama dengan ujung segitiga, yang didukung oleh sebuah tangga-tangga besi. Dua kotak bawah digunakan untuk area perkantoran, sementara kotak ke-3 hingga ke-9 diperuntukkan sebagai 149 unit apartemen mewah.


    Sumber: Wikipedia.org

    Ping-Pong Balls Apartment

    Unit apartemen milik Daniel Arsham ini menghadirkan desain interior yang tak biasa. Terletak di Brooklyn, New York, keseluruhan dinding di ruang apartemennya menggunakan 2.500 bola ping pong yang disusun teratur sebagai bahan utamanya.

    Oleh karena itu, Ia tak lagi memerlukan cat untuk menjadikan tampilan ruangan lebih menawan. Apartemen yang memiliki luas minim ini dijadikannya sebagai ruang bekerja sekaligus beristirahat.


    Sumber: fastcodesign.com

    Casa de Carton

    Don Lucho, yang merupakan selebriti asal Chili telah berhasil menciptakan 3D desain interior apartemen yang sangat mengagumkan.

    Diberi nama Casa de Carton, baik dinding, perabot, furniture, bahkan dekorasi di dalam apartemen ini terbuat dari karton, cat putih dan spidol hitam.

    Jika melihat gambar di atas, siapapun pasti merasa bahwa apartemen ini adalah sebuah karya seni yang luar biasa . Tak hanya apartemen, Don jugapernah menciptakan mobil rusak yang terbuat dari karton, lalu meletakannya di tengah jalan agar lebih terlihat nyata.



    Sumber: strictlypaper.com

    Wozoco’s Apartment, Amsterdam, Netherlands

    Bangunan ini merupakan kompleks perumahan pertama yang direalisasikan oleh MVRDV. Letak apartemen ini berada dalam konteks kota, di mana ruang terbuka hijau mulai terbatas karena meningkatnya angka kepadatan penduduk.

    Sehingga lantai dasar di Wozoco Apartment dikonversikan untuk ruang terbuka hijau, yang menjadi tantangan utama bagi pelaksana arsitektur.

    Kendala yang dihadapi selama proyek dikerjakan adalah peraturan yang dibuat oleh Cornelis Van Eesteren, yang membatasi jumlah unit di apartemen hanya boleh berjumlah 87 unit.

    Tak hanya itu, peraturan ini juga mengharuskan tiap unit apartemen memiliki sirkulasi udara yang baik. Namun Wozoco memiliki 100 unit, yang 13 unitnya diletakkan di sisiutara guna meminimalkan cakupan lahan serta jalan masuk sinar matahari. Strategi suspensi inilah yang membuat Wozoco berhasil menampilkan desain yang unik.


    Sumber: www.mvrdv.nl

    Source : http://bisnis.liputan6.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah 4 Apartemen Terunik di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top