728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 22 December 2015

    Makan Siang dengan Jokowi, Budayawan Usul Adanya Pembangunan Budaya

    Presiden Jokowi bertemu para budayawan (dok Setpres)

    Jakarta - Belasan budayawan senior diundang makan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat. Sambil menyantap hidangan, para budayawan usul supaya pembangunan budaya juga menjadi prioritas pemerintah.

    "Terlalu kering kalau pembangunan itu hanya diisi hanya pencapaian-pencapaian, ambisi yang bersifat material. Nah, dia keringnya itu lantaran tidak ada fundamen kebudayaan. Jadi tadi sambil makan siang kami bersepakat bahwa pembangunan mulai dari hari ini kalau bisa, dia dilandasi oleh pemahaman komprehensi dan hal-hal yang sangat penting dalam kebudayaan," tutur budayawan Radhar Panca Dahana usai pertemuan, Selasa (22/12/2015).


    Presiden Jokowi bertemu para budayawan (dok Setpres)

    Mereka berharap pembangunan tak melulu urusan infrastruktur. Karena program revolusi mental semestinya menyasar pada nilai-nilai budaya.

    "Misal regulasi, biasanya program dimainkan. Dalam istilah Butet (Kertarahardja), program kebudayaan itu sama dengan panti pijit. Isinya hanya entertaining. Jadi kalau ada Menkeu menganggap kebudayaan itu adalah dari sertijab, kita cuma dianggap sebagai topeng monyet saja. Nah, cara berpikir dan bersikap mereka memang tidak berbudaya. Jadi kita ingin untuk mengubah hulunya," imbuh sastrawan itu.


    Presiden Jokowi bertemu para budayawan (dok Setpres)

    Haidar Bagir yang juga hadir kemudian menambahkan, di era Presiden ke-2 RI Soeharto malah budayawan dilibatkan dalam pengambilan kebijakan. Padahal era tersebut sering disebut sebagai pemerintahan yang represif.

    "Meskipun Pak Harto dianggap diktator, tapi di zaman Pak Harto itu di kalangan pemerintah kita mendapati orang-orang yang tahu budaya. Seperti Pak Sudjatmoko, Pak Fuad Hasan, Emil Salim yg dianggap teknokrat itu perhatian terhadap lingkungan hidup itu besar," kata Haidar.


    Presiden Jokowi bertemu para budayawan (dok Setpres)

    Berikut merupakan budayawan yang hadir:
    1. Radhar Panca Dahana
    2. Franz Magnis-Suseno
    3. Nungky Kusumastuti
    4. Yockie Suryoprayogo
    5. Butet Kartarejasa
    6. Mohammad Sobary
    8. Haidar Bagir
    9. Nasirun
    10. Tisna Sanjaya
    11. Sindhunata
    12. Sys NS 
    (bag/hri)
    Source : http://news.detik.com/berita/3102485/makan-siang-dengan-jokowi-budayawan-usul-adanya-pembangunan-budaya
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Makan Siang dengan Jokowi, Budayawan Usul Adanya Pembangunan Budaya Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top