728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 31 December 2015

    PBNU Ajak Songsong Tahun Baru dengan Sujud Syukur


    JAKARTA - Kurang dari 24 jam lagi kita akan menyambut tahun baru 2016. Artinya, ke depan Indonesia akan memasuki babak-babak baru, mulai dari dunia hiburan hingga politik yang selalu menuai sensasi di tengah masyarakat.

    Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Dr KH Ma’ruf Amin melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone menuturkan bahwa pergantian tahun selalu menyisakan fenomena menarik, dari mulai yang sangat ringan dalam dunia entertaintment sampai dengan kasus-kasus berat dan penuh intrik politik. Menurutnya, pergantian tahun merupakan momentum untuk bercermin, lalu menemukan kesalahan dan selanjutnya merumuskan formula yang tepat dalam membenahi kesalahan tersebut.

    "Maka sebab hari kemarin adalah sejarah, sudah seharusnya kita dudukkan secara benar agar bila ia salah tak terulangi lagi ataupun mungkin jika ia benar maka harus kita perjuangkan kembali di hari-hari esok nanti," ujarnya.

    Dia menerangkan, hal utama yang harus dilakukan dalam konteks menyambut pergantian tahun ini adalah mendendangkan rasa syukur yang tak henti-hentinya kepada Allah SWT. Sebab, banyak karunia serta berkah yang telah dianugerahkan kepada kita sepanjang mengarungi hari-hari di tahun 2015.

    "Banyaknya problem, melimpahnya masalah bukan tidak lain kecuali hanya sebagai mediaun, instrumen, serta sarana Allah SWT untuk mendidik kita. Outpunya tentu agar kita semua menjadi dewasa. Baik sebagai pribadi maupun sebagai sebuah bangsa," paparnya.

    Masih dalam konteks menyongsong tahun baru, tutur Ma'ruf, sangat relevan bagi setiap orang untuk merenungkan ajaran dan tauladan dari Rasulullah SAW soal hijrah. Hijrah sendiri adalah sebuah perjalanan yang membawa kita kepada suatu kemungkinan untuk berijtihad dalam hal apapun di aspek kehidupan ini.

    Oleh karena itu, PBNU sebagai salah satu Organisasi Islam besar di Indonesia pada kesempatan pergantian tahun ini memberikan beberapa pesan, di antaranya menunjukkan suasana kebersamaan dengan kesederhanaan dan kebersahajaan di dalam melaksanakan perayaan tahun baru serta menghindarkan diri dari kegiatan-kegiatan yang merusak moral kabut-kebutan, mabuk-mabukan, pesta minuman keras dan lain sebagainya.

    "Selanjutnya, mari kita memelihara tali ukhuwah wathoniyyah (persaudaraan sebangsa), ketiga, menjadikan momentum pergantian tahun untuk melakukan perbaikan-perbaikan, serta refleksi untuk kehidupan yang lebih baik di tahun depan," ucapnya.

    Akhir kata, Ma'ruf kemudian menyampaikan selamat tahun baru 2016. "Kita songsong Indonesia yang lebih baik dan bermartabat," tutupnya. (ira)

    (ful)
    http://news.okezone.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PBNU Ajak Songsong Tahun Baru dengan Sujud Syukur Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top