728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 22 December 2015

    Peringatan Australia: ISIS Incar Indonesia Jadi Wilayah Kekhalifahan

    Ilustrasi (Reuters)

    Sydney - Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tengah berupaya memperluas kehadirannya di Indonesia. ISIS disebut-sebut mengincar wilayah Indonesia untuk dijadikan sebagai salah satu wilayah kekhalifahannya.

    Jaksa Agung Australia George Brandis melontarkan peringatan itu usai menghadiri pertemuan antara menteri, kepolisian dan pejabat keamanan Indonesia dan Australia, awal pekan ini. Berbicara kepada surat kabar The Australian, Brandis menyebut hal itu memicu ancaman bagi Australia yang merupakan negara tetangga Indonesia serta kepentingan negara-negara Barat lainnya.

    "ISIS memiliki ambisi untuk meningkatkan kehadirannya dan level aktivitasnya di Indonesia, baik secara langsung atau melalui pengganti," tutur Brandis seperti dilansir AFP, Selasa (22/12/2015).

    "Anda pernah mendengar sebutan 'khalifah jauh'?" imbuhnya.

    "ISIS telah menyatakan niatnya untuk mendirikan kekhalifahan di luar Timur Tengah, provinsi kekhalifahan yang sekarang ada. Mereka telah mengidentifikasi Indonesia sebagai lokasi untuk mewujudkan ambisi itu," sebut Brandis.

    Sejauh ini ISIS telah menyatakan wilayah kekhalifahannya di sejumlah wilayah di Suriah dan Irak, beberapa wilayah bahkan cukup strategis. Peringatan Brandis ini dilontarkan usai Densus 88 Antiteror menangkap sejumlah teroris di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat yang berafiliasi ke ISIS. Kelompok ini disebut akan beraksi dengan meledakkan sejumlah tempat secara bersamaan.

    Disebutkan The Australian bahwa sementara otoritas Australia meyakini hanya ada sedikit kesempatan bagi ISIS untuk mendirikan kekhalifahan di Indonesia, mereka tetap khawatir ISIS akan mampu menancapkan pengaruh permanen di negara tetangganya ini. Sebab dengan situasi itu, ISIS akan mampu melancarkan serangan terhadap kepentingan Australia maupun negara-negara Barat lainnya yang ada di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

    "Mencuatnya ISIS di Timur Tengah menjadi hal yang mendestabilisasi keamanan Australia, juga mendestabilisasi keamanan Indonesia dan mendestabilisasi keamanan rekan dan mitra kami, khususnya di wilayah ini," ucap Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan.


    (nvc/nwk)
    Source : http://news.detik.com/internasional/3101960/peringatan-australia-isis-incar-indonesia-jadi-wilayah-kekhalifahan
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringatan Australia: ISIS Incar Indonesia Jadi Wilayah Kekhalifahan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top