728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 30 December 2015

    Pohon cemara tertua sejagat umurnya 9.500 tahun, ajaib!


    Brilio.net - Selama ini sering ada anggapan bahwa pohon yang umurnya mencapai ratusan tahun adalah pohon yang sudah sangat tua. Memang nggak salah sih. Tapi, jangan buru-buru menyimpulkan itu sebagai pohon tertua.

    Sebab, di dunia ini ternyata ada lho pohon yang memiliki umur ribuan tahun. Tak tanggung-tanggung umurnya mencapai 9.500 tahun. Wow zaman kapan ya itu tumbuhnya?

    Dikutip dari nationalgeographic, pohon yang diberi nama Old Tjikko ini tumbuh di negara Swedia. Tak seperti pohon-pohon lainnya yang terlihat kokoh, namun pohon ini tidak begitu lebar dan tinggi. Tingginya hanya mencapai 4 meter saja. Namun old Tjikko mampu bertahan di berbagai cuaca mulai dari panas hingga tumpukan salju sekalipun.

    Old Tjikko pertama kali diteliti pada tahun 2004 oleh profesor Ekologi dan ilmu lingkungan Universitas Umea, Swedia, Leif Kullman. Menurut Leif, pohon ini termasuk dalam jenis cemara yang biasa digunakan sebagai pohon natal. Umumnya pohon-pohon sejenis ini bisa bertahan hingga 600 tahun.

    Sebelumnya status pohon tertua di dunia dipegang oleh pohon pinus Bristlecone di California Amerika Serikat. Pohon pinus Bristlecone tercatat berusia 5.000 tahun. Mau tahu seperti apa pohon old Tjikko? Simak foto-fotonya di bawah ini.






    (brl/pep)
    https://www.brilio.net
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pohon cemara tertua sejagat umurnya 9.500 tahun, ajaib! Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top