728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 28 December 2015

    Polda Metro Sita Belasan Ribu Petasan di Sebuah Pabrik di Tangerang

    Foto: Mei Amelia/detikcom

    Jakarta - Tim Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali menggerebek sebuah pabrik petasan di Kabupaten Tangerang. Belasan ribu petasan yang siap dipasarkan disita polisi di lokasi tersebut.

    Penggerebekan dilakukan pada Senin (38/12/2015) pagi tadi di sebuah rumah yang sekaligus dikadikan pabrik di Kampung Undrus, Cijantra, Kabulaten Tangerang.

    "Tempat tersebut diduga dijadikan home industri petasan, milik tersangka M (45) yang sudah kami amankan di lokasi," jelas Mujiyono kepada detikcom, Senin (38/12/2015).

    Tersangka memproduksi petasan sejak tahun 2013. Tersangka mempekerjakan sejumlah karyawan untuk mengolah petasan di pabrik tersebut.

    "Pemasarannya di sekitar Tangerang dan Jakarta," imbuh Mujiyono.

    Petasan berbahan potasium dan brown (sejenis bubuk mesiu) dicampur oleh tersangka dan dimasukkan ke dalam wadah petasan kemudian dilakukan pemadatan dengan menggunakan palu/pantek.

    "Hasil pembuatan petasan tersebut tesangka M ini memperoleh omzet penghasilan sebesar Rp 10 juta per bulan," jelasnya.

    Dari hasil penggeledahan, polisi menyita 15 ribu petasan ukuran sedang, 2 ribu petasan ukuran besar dan sejumlah bahan-bahan untuk membuat petasan berikut peralatannya.

    Mujiyono mengatakan, membuat petasan secara ilegal dapat dipidana dengan pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 tentang Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak.

    Jajaran Polda Metro Jaya terus melakukan upaya penyitaan terhadap petasam menjelang perayaan pergantian tahun. Selain membahayakan keselamatan, petasan juga dapat berpotensi menimbulkan kebakaran.

    Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian dengan tegas melarang penggunaan dan penjualan petasan menjelang perayaan tahun baru ini.


    (mei/dnu)
    Source : http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polda Metro Sita Belasan Ribu Petasan di Sebuah Pabrik di Tangerang Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top