728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 27 December 2015

    Resep Ayam Bakar Padang Bumbu Asli Sederhana Enak

    Cara Mudah Sederhana Membuat Resep Ayam Bakar Padang Asli Enak dan Lezat. Hari hari menjelang pergantian tahun sebentar lagi tiba. Banyak diantara kita yang sudah mempunyai rencana untuk menghabiskan waktu pergantian tahun dengan orang terdekat, teman teman atau keluarga besar. Biasanya saat kumpul kumpul tersebut paling enak kalau dilewati dengan acara bakar bakaran. Ya, pada umumnya memang acara bakar ikan atau bakar ayam merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat menunggu pergantian tahun. Untuk kali ini, kami akan memberikan satu resep ayam bakar yang menggunakan bumbu spesial dari 

    padang. Resep ayam bakar padang memang biasanya kita temukan di rumah makan yang menjual resep masakan padang. Tetapi untuk acara istimewa nanti tidak ada salahkan bukan kalau kita membuat resep masakan ayam bakar menggunakan bumbu bakar padang ini.
    Masakan ayam bakar padang ini termasuk salah satu favorit saya dan keluarga kalau kita sedang pergi ke rumah makan Padang. Rasanya yang gurih dan lezat dipadu dengan bumbu asli dan aroma khas ayam bakar memang sangat mengundang selera. Apalagi kalau disantap bersama dengan sambal ijo khas Padangnya, yummy benar benar pas sekali di lidah kami, walaupun kami bukan orang Minang. Memang menu nasi padang biasa kita menyebutnya tidak cuma ayam bakar, tetapi ada juga sambal ijo, rendang padang, daun ketela, cancang, ikan bakar padang dan yang lainnya. Tetapi memang ayam bakar bumbu padang lah yang biasanya menjadi favorit dan menu kegemaran banyak orang kalau berkunjung ke tempat makan tersebut.
    Seperti juga resep masakan padang yang lain, ayam bakar dengan bumbu padang ini juga mempunyai citarasa yang khas dari Propinsi Sumatera Barat tersebut. Rasa pedas dibalut dengan rasa gurih santan asli dan bumbu masakan padang lainnya yang berasal dari rempah rempah alami membuat resep ayam bakar padang asli ini digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Tentu saja, resep masakan ayam bakar sederhana bumbu asli padang ini juga menggunakan asam kandis yang juga merupakan salah satu ciri resep masakan dari daerah Minang tersebut.
    Selain bumbu asli yang digunakan, seperti asam kandis, serai, jahe dan bumbu ayam bakar padang lainnya, cara membuat dan memasak ayam bakar padang ini juga harus diperhatikan dengan benar. Kalau caranya salah, tentu saja hasil jadinya nanti tidak akan sempurna dan malah berantakan rasanya. Salah satu tips memasaknya yang paling penting adalah jangan sampai putus saat mengaduk ayam dengan bumbu santannya. Aduk dengan sering supaya santannya tidak pecah karena ini akan membuat rasa ayam bakarnya nanti akan berubah. Tentu saja yang paling penting adalah daging ayam yang digunakan. Ayam bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung. Yang penting daging ayamnya harus masih segar. Lumuri dahulu dengan air perasan jeruk nipis dan campuran garam untuk membantu menghilangkan bau khas ayamnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat resep ayam bakar bumbu padang dan bahan bahan yang dibutuhkannya di bawah ini.
    resep ayam bakar padang asli sederhana

    Bahan bahan Untuk Membuat Resep Ayam Bakar Padang Asli

    1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam ukuran sedang besar yang masih segar. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera lalu cuci bersih dan tiriskan.
    2. Perasan air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja untuk menghilangkan bau khas ayam.
    3. Asam kandis kurang lebih sebanyak 3 pcs.
    4. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja dan sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 batang.
    5. Santan kental yang diambil dari perasan parutan 1 buah kelapa kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
    6. Santan encer yang diambil dari parutan kelapa diatas kurang lebih sebanyak 600 ml saja.
    7. Bawang putih ukurang sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs, saja. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis.
    8. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulitnya juga kemudian iris tipis tipis.
    9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
    10. Gula pasir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
    11. Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu padang nya.

    Bahan bahan Untuk Bumbu Ayam Bakar Asli Padang

    1. Kunyit yang sudah dibakar sebentar sebelumnya kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
    2. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
    3. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 5 pcs.
    4. Buah Cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs.
    5. Buah cabai merah keriting kurang lebih sebanyak 4-6 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
    6. Merica putih halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.

    Cara Membuat Ayam Bakar Padang Yang Praktis dan Sederhana

    1. Setelah ayam dicuci bersih dan ditiriskan, lumuri dagingnya dengan campuran garam dapur dan air perasan jeruk nipisnya. Lumuri ke seluruh bagian sampai merata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit supaya lebih meresap.
    2. Sambil menunggu, haluskan bumbu ayam bakar padang yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti cabai, kunyit, kemiri, jahe, kunyit dan merica bubuknya sampai halus.
    3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan.
    4. Masukkan irisan bawang putih, irisan bawang merah, batang serai yang sudah dimemarkan dan bumbu yang sudah dihaluskan diatas. Aduk aduk semua bumbu tersebut sampai tercium bau harum.
    5. Masukkan ayam yang sudah dilumuri jeruk nipis ke dalam penggorengan dan masak sambil diaduk aduk supaya bumbunya meresap sampai matang dan berubah warnanya.
    6. Tuang santan encernya beserta gula pasir, asam kandis dan garam dapur beryodium kemudian masak sambil diaduk aduk sampai santannya mendidih.
    7. Masukkan santan kentalnya lalu aduk aduk kembali sampai daging ayamnya empuk dan bumbunya menyusut dan meresap ke dalam dagingnya.
    8. Siapkan oven atau grill buat tempat bakaran ayamnya. Bakar atau panggang daging ayam bumbu padang diatas sampai matang sempurna.
    9. Jangan lupa sambil diolesi sisa bumbunya dan sering dibalik supaya tidak gosong dan tingkat kematangannya merata.
    Selesai sudah cara membuat ayam bakar bumbu padang diatas. Ternyata cukup mudah dan sederhana bukan cara membuat masakan ayam bakar ala rumah makan padang diatas. Asal bumbu yang digunakan tepat dan mengikuti langkah langakah cara memasak dan membakarnya, kita bisa dengan mudah membuat resep ayam yang nikmat untuk disantap bersama keluarga atau teman buat menu sehari hari atau saat malam tahun baru nanti. Untuk ide resep malam tahun baru lainnya, silahkan mencoba ayam bakar bumbu kecap atau mencoba Resep Rendang Ayam Khas Padang. Selamat mencoba dan jangan lupa bagi resep ini ke keluarga atau teman lain ya di facebook, twitter atau Google+.
    Source : http://resepcaramemasak.info/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Resep Ayam Bakar Padang Bumbu Asli Sederhana Enak Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top