728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 31 December 2015

    Seberangi Lautan Ganas, Lebih dari 1 Juta Migran Tiba di Eropa

    Foto: Pengungsi Suriah berenang di Laut Yunani (REUTERS/Alkis Konstantinidis)

    Athena, - Lebih dari satu juta migran telah menyeberangi Lautan Mediterania untuk mencapai benua Eropa sepanjang tahun 2015 ini. Di antara mereka, nyaris separuhnya warga Suriah.

    Demikian dilaporkan badan pengungsi PBB, UNHCR seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (30/12/2015).

    Angka tersebut menandai lonjakan nyaris lima kali lipat dibandingkan angka pada tahun 2014, ketika UNHCR mencatat 219.000 migran tiba di Eropa dengan menyeberangi lautan ganas.

    "Mayoritas dari mereka yang mencoba penyeberangan berbahaya ini, sedang membutuhkan perlindungan internasional," demikian disampaikan UNHCR.

    Besarnya aliran migran yang masuk ke Eropa tahun ini, telah memicu perpecahan antar para pemimpin Uni Eropa mengenai bagaimana menangani arus pengungsi tersebut. Kebanyakan pengungsi tersebut menjangkau Eropa untuk lari dari konflik di negara-negara mereka. 

    Menurut UNHCR, total 1.000.573 orang berhasil menyeberangi perairan ganas Mediterania sejak 1 Januari lalu. Sementara 3.735 orang yang mencoba perjalanan via laut tersebut tewas ataupun hilang.

    Dari jumlah itu, sebanyak 844.176 migran tiba di pantai-pantai Yunani, diikuti kemudian oleh Italia dengan 152.700 migran tiba di pantai-pantainya.


    (ita/ita)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Seberangi Lautan Ganas, Lebih dari 1 Juta Migran Tiba di Eropa Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top