728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 26 December 2015

    Studi Ini Sebut Diet Ketogenik Bermanfaat bagi Pasien Skizofrenia

    Foto: dok.thinkstock



    Jakarta, Selama ini, pola makan dengan mengasup makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, atau disebut juga diet ketogenik sering diterapkan oleh mereka yang ingin 'membentuk' tubuhnya. Tapi, baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa diet tersebut bisa bermanfaat bagi pasien skizofrenia.

    Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang memengaruhi sekitar satu persen orang di seluruh dunia. Belum ada obat untuk mengatasi kondisi ini, kecuali terapi guna meringankan gejala yang dialami pasien. Namun, risiko terjadinya efek samping seperti gangguan bergerak, pertambahan bobot, dan penyakit kerdiovaskular tetap ada.

    Nah, para peneliti di James Cook University, Queensland, Australia baru-baru ini menemukan bahwa tikus percobaan yang diberi diet ketogenik memiliki perilaku yang mengarah pada skizofrenia, dengan jumlah yang lebih sedikit.


    "Diet ketogenik sudah digunakan sejak tahun 1920-an untuk mengelola epilepsi pada anak-anak. Baru-baru ini pun diet ini banyak diterapkan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan sembari membentuk tubuhnya," tutur salah satu peneliti, Zoltan Sarnyai.

    Dikutip dari Times of India, Sabtu (26/12/2015), diet ketogenik bisa bekerja dengan menyediakan sumber energi alternatif dalam bentuk keton tubuh atau produk hasil pemecahan lemak di tubuh. Selain itu, Sarnyai mengatakan diet ketogenik bisa membantu menghindari jalur energi sel yang berfungsi abnormal pada otak pasien skizofrenia.

    "Sebagian besar energi berasal dari lemak. Tapi, diet yang dirancang dengan konsumsi mentega, keju, dan salmon yang lebih banyak ini tetap diterapkan berbarengan dengan pengobatan sehingga pasien tetap mendapat terapi medis," kata Sanyai.

    Dalam studinya, peneliti juga menemukan bahwa tikus yang diberi diet ketogenik memiliki berat badan serta kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan tikus dengan pola diet normal. Studi ini sudah dipublikasikan di jurnal Schizophrenia Research.


    (rdn/vit)
    Source : http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Studi Ini Sebut Diet Ketogenik Bermanfaat bagi Pasien Skizofrenia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top