728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 25 December 2015

    Yoga atau Lari? Ini Olahraga yang Bisa Dipilih Sesuai Kepribadian

    Foto: Thinkstock

    Jakarta - Ikut kelas yoga, tari hip-hop, weight training atau aerobik? Ada berbagai macam jenis olahraga, semuanya sama-sama bisa membakar kalori namun masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Jika Anda ingin memulai fitnes namun bingung menentukan bentuk aktivitas yang tepat, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tujuan dan hasil yang Anda targetkan. 

    1. Yoga

    Jika Anda ingin mengutamakan keseimbangan, ketenangan dan harmoni dalam hidup, maka yoga bisa jadi pilihan. Mereka yang memilih yoga umumnya menyukai olahraga yang membuat perasaan lebih relaks dan mendapatkan keharmonisan antara otak, tubuh serta jiwa. 

    "Yang terpenting, Anda mau bergerak melebihi batasan diri, seseorang yang mau membuka diri dan mencintai diri sendiri, menemukan rasa kasih dan kecantikan yang tersembunyi di dalam diri," ujar Sumaiya Azeez, seorang koreografer dan pelatih, seperti dikutip dari Times of India.

    Intinya, yoga cocok bagi Anda yang mencari ketenangan pikiran lewat gerakan-gerakan lambat namun intens. Beberapa gerakan yoga yang sulit pun bisa membantu membakar kalori dan melangsingkan tubuh.

    2. Kickboxing

    Cocok bagi Anda yang bersemangat tinggi, suka tantangan dan pemberani. Biasanya olahraga ini sesuai untuk mereka yang berjiwa enerjik dan ingin merasa selalu aman dimana saja.

    "Orang-orang yang sangat enerjik, yang memerlukan media untuk pelampiasan dan pengendalian emosi, melepaskan energi dan kemarahan yang berlebihan," kata Nimmou Nilakantan, seorang pelatih aerobik.
     
    3. Weight Training

    Olahraga ini sesuai bagi mereka yang ingin melatih kekuatan dan stabilitas tubuh. Penyuka olahraga ekstrem, umumnya tidak memilih jenis latihan ini. Weight training yang melingkupi TRX, pull-up, push-up atau angkat dumbbell merupakan olahraga bagi mereka yang lebih suka rutinitas dan tujuan yang jelas. Mereka akan terus latihan sampai akhirnya mencapai targer yang diinginkan. Baik itu untuk membentuk otot lengan, paha atau bokong. Penyuka weight training juga biasanya cenderung orang yang penyendiri.

    4. Dansa Latin

    Salsa, mambo, tango, penyuka dansa latin tidak ragu menunjukkan sisi seksi mereka. Cocok bagi mereka yang menginginkan keintiman, meluapkan emosi dan gairah lewat gerakan dansa yang intens. Merupakan salah satu jenis latihan cardio, dansa latin juga bisa membakar kalori dalam waktu relatif singkat.

    5. Lari

    Lari merupakan olahraga yang memicu adrenalin, dan umumnya disukai oleh mereka yang suka menantang dirinya sendiri untuk lebih baik. Penyuka olahraga ini juga merupakan orang-orang yang selalu meningkatkan target pencapaian di setiap usahanya dan disiplin. Dari sisi manfaat, lari bisa meningkatkan stamina dan kemampuan tubuh secara keseluruhan.

    "Lari bagi saya bisa mengaktifkan sistem tubuh Anda, membuat Anda merasa bebas," terang Sumaiya.

    6. Aerobik

    Latihan ini bagus untuk membentuk kaki dan tubuh bagian bawah, misalnya pinggul, pinggang, bokong dan paha. Aerobik juga cocok bagi mereka yang suka menikmati ritme melodi, musik serta energi tinggi yang muncul ketika bersama-sama bergerak mengikuti alunan dan tempo irama.

    "Olahraga ini untuk mereka yang menyukai latihan tanpa harus banyak berkonsentrasi. Menantang tapi tidak membuat terlalu stres, serta melatih kelenturan. Mereka bisa dibilang kebalikan dari orang-orang yang menyukai angkat beban," jelas Nimmou.

    7. Dansa Hip-hop

    "Stylish, cepat, tegas, akrobatik dan upbeat cocok untuk mereka yang ingin bersenang-senang sekaligus olahraga," kata Sumaiya.

    Dansa hip-hop juga diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan kesenangan. Mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan langsung, dianggap sebagai bonus dari aktivitas tersebut tapi tujuan utamanya tetap untuk bersenang-senang.

    8. Renang

    Jika yang Anda cari adalah relaksasi dan peremajaan tubuh sekaligus pikiran, dan rasa bebas di dalam air karena bisa melawan gravitasi, maka renang cocok untuk Anda. Para penyuka olahraga renang umumnya punya kepribadian yang tenang. Olahraga ini juga tepat bagi Anda yang ingin menguatkan bahu, melatih otot serta persendian yang lemah.(hst/hst)
    Source : http://wolipop.detik.com/read/2015/12/23/175357/3103490/849/yoga-atau-lari-ini-olahraga-yang-bisa-dipilih-sesuai-kepribadian
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Yoga atau Lari? Ini Olahraga yang Bisa Dipilih Sesuai Kepribadian Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top