728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 6 January 2016

    Angie ke Nazaruddin: Saya ini Seperti Debu di Bawah Keset Bapak

    Angie ke Nazaruddin: Saya ini Seperti Debu di Bawah Keset Bapak
    Foto: Hasan Al Habshy

    Jakarta - Cecaran pertanyaan Muhammad Nazaruddin dalam persidangan mungkin membuat Angelina Sondakh tersudut. Angie sempat kesal ketika mendapat pertanyaan pengulangan dari Nazar.

    "Pak, saya ini kan seperti debu di bawah keset Bapak, Bapak perintah apa saja (saya turuti)," kata Angie saat bersaksi untuk Nazaruddin dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jl Bungur Besar, Jakpus, Rabu (6/1/2016).

    Nazar memang mengajukan sejumlah pertanyaan mulai dari tugas yang dikerjakan Angie saat mengatur pengusulan proyek dan anggaran agar masuk dalam DIPA, koordinasi di Fraksi Demokrat termasuk urusan Kongres Demokrat tahun 2010.

    Nazar juga bertanya pengetahuan Angie soal Mindo Rosalina Manulang (Rosa) yang disebut Nazar merupakan anak buah dari Anas Urbaningrum. Dalam sidang, Angie mengaku dipertemukan Rosa oleh Nazar di ruang Fraksi Demokrat di DPR.

    "Tahu Rosa anak buah Anas?" tanya Nazar. 

    "Tidak tahu," jawab Angie singkat.

    Jawaban ini membuat Nazar menguji Angie dengan fakta lain. Angie, menurut Nazar, pernah berkomunikasi dengan Rosa melalui BlackBerry dengan mengatakan 'akan melapor ke Anas'.

    "Pertanyaan sekarang kan tahu Rosa anak buah Anas? Saya tidak pernah bilang mau lapor ke Anas dulu," kata Angie ke Nazar.

    Nazar yang dulu jadi bendahara umum Demokrat lantas bertanya soal Kongres Demokrat. Dia menanyakan pengetahuan Angie soal bagi-bagi duit saat suksesi pemilihan ketum partai.

    "Pak saya ini kan seperti debu di bawah keset Bapak, Bapak perintah apa saja...Saudara menanyakan apakah saya mengetahui uang-uang di kongres, yang saya tahu pembagian uang transport tapi bukan di kongres," ujar Angie.

    Kepada Nazar, Angie menegaskan dirinya hanya menuruti perintah Nazar sebagai Kapoksi di DPR saat itu. Angie membantah pernah mengikuti arahan atau petunjuk dari Mirwan Amir--saat itu wakil ketua Banggar-- terkait kongkalikong pemulusan pengusulan proyek dan anggaran yang dibahas di Badan Anggaran DPR.

    "Saya pelaksananya saja, kalau disuruh teken saya teken. Kalau Bapak sebut saya dengan Pak Mirwan saya satu komando saja, Pak Mirwan tidak ikut penitipan-penitipan anggaran seperti Rosa," kata Angie.

    Nazaruddin didakwa melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima duit fee total Rp 40,369 miliar. Duit fee diterima Nazaruddin terkait sejumlah proyek pemerintah.

    Dalam surat dakwaan Jaksa KPK dipaparkan, Nazar didakwa menerima hadiah yaitu berupa 19 lembar cek yang jumlah seluruhnya senilai Rp 23.119.278.000 dari PT Duta Graha Indah (DGI) yang diserahkan oleh Mohamad El Idris dan berupa uang tunai yang jumlah seluruhnya sebesar Rp 17.250.750.744 dari PT Nindya Karya yang diserahkan oleh Heru Sulaksono.

    Menurut Jaksa pada KPK, pemberian-pemberian tersebut merupakan imbalan karena Nazaruddin telah mengupayakan PT DGI dalam mendapatkan proyek pemerintah tahun 2010 yaitu proyek pembangunan gedung di Universitas Udatana, Universitas Mataram, Universitas Jambi, Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya tahap 3, RSUD Sungai Dareh Kabupaten Darmasraya, gedung Cardiac RS Adam Malik Medan, Paviliun RS Adam Malik Medan, RS Inspeksi Tropis Surabaya, RSUD Ponorogo.

    Selain itu, imbalan diberikan karena Nazaruddin telah mengupayakan PT Nindya Karya dalam mendapatkan proyek pembangunan Rating School Aceh serta Universitas Brawijaya tahun 2010. 
    (fdn/aan)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Angie ke Nazaruddin: Saya ini Seperti Debu di Bawah Keset Bapak Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top