728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 1 January 2016

    Bahagianya Warga Wamena Papua Bertemu Jokowi

    Foto: Jabbar

    Jakarta - Kehadiran Presiden Joko Widodo di Wamena, Papua disambut riang oleh warga. Rona bahagia terpancar dari wajah ratusan warga setempat yang telah menanti kehadiran Presiden dan rombongan di tengah Stadion Mini Pendidikan Distrik Wamena, Jayawijaya.

    Para warga yang mengenakan topi Santa Klaus ini mendengarkan pidato Jokowi dengan khidmat. Mereka menyimak setiap ucapan Jokowi yang berjanji hendak membangun jalan sepanjang 278,6 kilometer dari Wamena hingga Mamugu pada tahun 2016. Tepuk tangan warga membahana menyambut janji tersebut.

    "Kami merasa senang sekali karena bertemu gubernur pun sulit untuk bertemu," ucap Lewi, warga Wamena, Jayawijaya, Rabu (30/12/2015).



    Usai pidato Presiden, tetua adat Wamena menyampaikan permintaan mereka, di antaranya adalah penurunan harga BBM dan percepatan pembangunan di Wamena. Acara dilanjutkan dengan makan bersama. Kali ini Presiden dan rombongan diajak untuk mengikuti adat Bakar Batu. Dipandu oleh para ibu kemudian Presiden ikut menyingkirkan rumput alang-alang.

    Di baliknya terdapat jagung, ubi dan ayam bakar. Presiden Jokowi sempat memakan satu tongkol jagung. Begitu juga Ibu Negara Iriana, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki yang ikut mencoba penganan hasil Bakar Batu.

    Tampak warga begitu senang melihat kedekatan pemimpin negara yang ikut larut dalam budaya mereka. Dari luar lapangan, warga memanjat pagar. Presiden sempat mengangkat jagung ke arah mereka, gerakan menawari.

    "Upacara bakar batu adalah budaya masyarakat sini. Setiap ada acara baik besar atau kecil warga bikin acara bakar batu," ujar warga lainnya bernama Romi.

    Menurut para warga, acara bakar batu adalah ungkapan rasa syukur. Selain itu juga untuk menghargai para tetangga yang datang membantu acara.

    Acara seperti buka kebun atau bangun rumah, para tetangga akan ikut membantu. Sehingga dengan acara Bakar Batu, tetangga yang suda membantu akan pulang dengan kondisi kenyang.



    Usai santap Bakar Batu, Jokowi lalu mengadakan kuis berhadiah sepeda untuk warga. Seorang anak yang ditunjuknya diminta untuk menjawab pertanyaan darinya.

    "Sebutkan tiga kabupaten yang ada di Pegunungan Tengah," kata Jokowi.

    Anak kecil yang mengaku Siswa kelas 1 SMP itu menjawab dengan cepat. "Jayawijaya, Yalimo, Nduga," katanya.

    "Pinter kamu. Sana, pilih sepeda mana yang kamu mau. Silakan ambil, bawa pulang," kata Jokowi.

    Melihat antusias warga untuk mengikuti kuis itu, Jokowi pun meminta kepada panitia untuk memilih anak-anak dan warga untuk diberikan sepeda. Sekitar 10 unit sepeda dibagikan dalam acara itu. 
    (khf/fdn)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahagianya Warga Wamena Papua Bertemu Jokowi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top