728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 4 January 2016

    Ibu rumah tangga di Sulut lebih banyak idap HIV/AIDS dibanding PSK

    Ibu rumah tangga di Sulut lebih banyak idap HIV/AIDS dibanding PSK
    Ilustrasi HIV AIDS. Shutterstock/wavebreakmedia

    Merdeka.com - Sebanyak 361 ibu rumah tangga (IRT) di Provinsi Sulawesi Utara mengidap "Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome" (HIV/AIDS) atau menjadi terbanyak kedua setelah profesi swasta dan wiraswasta.

    "Kami terus melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat atau populasi kunci, dari sini diharapkan memunculkan kesadaran agar terhindar dari penyakit ini," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi dr Tangel-Kairupan di Manado, Minggu (3/1).

    Data dinas kesehatan provinsi yang dipublikasi KPA hingga Agustus 2015 menyebutkan, berdasarkan sebaran pekerjaan, lima populasi tertinggi adalah swasta atau wiraswasta (571 kasus), ibu rumah tangga (361 kasus), karyawan (114 kasus), wanita pekerja seks (96 kasus) dan pelaut (89 kasus).

    "Dari komunikasi, informasi dan edukasi yang kami lakukan diharapkan tidak terjadi lagi kasus penularan HIV baru," ungkapnya seperti dilansir Antara.

    Sementara itu, Penjabat Gubernur Soni Sumarsono mengatakan, tingginya angka IRT pengidap HIV/AIDS yang melebihi wanita pekerja seks disebabkan status.

    "Ketika seorang wanita pekerja seks ditanya apa profesinya, pasti dia malu menyebutkan profesi sesungguhnya. Karena itulah angka IRT pengidap HIV atau AIDS semakin meningkat," katanya.

    Direktur jenderal otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri juga menambahkan, faktor lainnya yang ikut menyumbang tingginya IRT pengidap penyakit ini karena perilaku suaminya.

    "Karena itu kami harapkan sosialisasi terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, perlu juga peran tokoh-tokoh agama," ujarnya.

    Angka pengidap HIV/AIDS di Sulut mencapai 1.877, di mana pengidap HIV sebanyak 633 orang, sementara AIDS sebanyak 1.244 orang. Sedangkan, berdasarkan jenis kelamin, laki-laki sebanyak 1.126 orang dan perempuan sebanyak 751 orang.

    [ang]
    http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ibu rumah tangga di Sulut lebih banyak idap HIV/AIDS dibanding PSK Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top