728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 5 January 2016

    Jokowi Janji Akan Berikan Amnesti Din Minimi

    Jokowi Janji Akan Berikan Amnesti Din Minimi
    Presiden Joko Widodo (Jokowi). (SINDOphoto)

    JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)‎ ‎berjanji akan memberikan amnesti kepada kelompok bersenjata di Aceh, pimpinan Nurdin bin Ismail alias Din Minimi. Pemerintah menggunakan pendekatan lunak dan keras dalam menghadapi kelompok teroris atau radikal di Tanah Air.

    ‎"Kita bisa menggunakan pendekatan keamanan, pendekatan hukum yang tegas tetapi kita juga menggunakan, mengedepankan pendekatan dialogis, dan termasuk menghadapi kelompok-kelompok bersenjata baik di Aceh, Papua, dan Poso," ujar Jokowi dalam rapat kabinet terbatas mengenai ‎masalah keamanan dan Hak Asasi Manusia‎ di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

    Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras Badan Intelijen Negara (BIN), TNI dan Polri dalam menyelesaikan persoalan Din Minimi.

    Dia pun berharap, apa yang telah dilakukan kelompok Din Minimi bisa ditiru oleh kelompok bersenjata lain di Papua maupun di Poso.

    "Dan saya minta Menko Polhukam pimpin koordinasi ini, dan terus akan memutuskan apa yang harus dikerjakan, proses pemberian amnesti sejak awal juga ke Kepala BIN, akan kita berikan, tapi juga kita lihat rasa HAM dan produk hukum yang ada, tapi intinya akan diberikan amnesti," pungkas Jokowi.

    Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemberian amnesti itu akan melalui koridor hukum yang berlaku. "Presiden meminta Menkumham untuk mengkaji, mempelajari. Selama tidak ada tindak pidana, pemerintah akan mengajukan pertimbangan pada DPR, karena aturan untuk amnesti umum atau abolisi memang meminta pertimbangan DPR, mekanisme akan ditempuh," jelas Pramono usai rapat kabinet terbatas.

    Lebih lanjut, kata dia, jika tidak ada tindak pidana sesuai pada Keppres Nomor 22 Tahun 2005, diatur secara jelas bahwa kelompok GAM yang tidak melakukan tindak pidana, pengeboman dan lain-lain, akan diberikan amnesti. "Pemerintah ingin mengedepankan soft approach," katanya.

    Presiden Jokowi, kata dia, juga meminta Menkumham Yasonna Laoly dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti untuk menyajikan data-data terkait kelompok Din Minimi. "Karena memang sebelumnya ada kelompok mereka yang ditangkap Polri," pungkasnya.

    Diketahui, kelompok Din Minimi telah menyerahkan diri setelah berdialog dengan Kepala BIN Sutiyoso beberapa hari lalu. Namun, kelompok itu mengajukan permintaan ke pemerintah, sebelum menyerahkan diri. Salah satunya meminta amnesti.

    (kri)
    http://nasional.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi Janji Akan Berikan Amnesti Din Minimi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top