728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 6 January 2016

    Korut Uji Coba Bom Hidrogen, Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Darurat

    Korut Uji Coba Bom Hidrogen, Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Darurat
    Foto: pol

    Pyongyang, - Korea Utara (Korut) mengklaim telah berhasil melakukan uji coba bom hidrogen. Untuk membahas hal itu, Dewan Keamanan PBB akan menggelar rapat darurat.

    Menurut beberapa diplomat AS, rapat tersebut dijadwalkan digelar pada Rabu (6/1) pukul 11.00 waktu setempat. Pertemuan tersebut kemungkinan akan berlangsung tertutup.

    "Amerika Serikat dan Jepang telah meminta konsultasi darurat Dewan Keamanan untuk besok pagi mengenai dugaan uji coba nuklir Korut," ujar Hagar Chemali, juru bicara misi AS untuk PBB seperti dilansir kantor beritaReuters, Rabu (6/1/2016).

    Pemerintah Korut hari ini mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba bom hidrogen untuk pertama kalinya. Bom hidrogen, sejauh ini, merupakan senjata paling merusak yang pernah diciptakan manusia. Bom ini disebut sebagai jenis yang paling kuat dari bom nuklir. Sebuah bom hidrogen, atau perangkat termonuklir, menggunakan fusi dalam sebuah reaksi berantai yang menghasilkan ledakan yang jauh lebih kuat.

    Uji coba nuklir terbaru Korut yang mengejutkan itu, diperintahkan secara pribadi oleh pemimpin Korut, Kim Jong Un, dan terjadi hanya dua hari sebelum ulang tahunnya. 

    Bulan lalu, dalam pernyataan yang disampaikan selama tur inspeksi, Kim menyatakan bahwa Pyongyang telah mengembangkan bom hidrogen. Klaim tersebut disambut skeptis oleh para pakar internasional. Kebanyakan pakar berasumsi, Pyongyang masih butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan bom termonuklir. 
    (ita/ita)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Korut Uji Coba Bom Hidrogen, Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Darurat Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top