728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 24 January 2016

    Menebak kebenaran tangan robotik 'Iron Man' Bali

    I Wayan Sumardana. © Bali Post

    Merdeka.com - Bagi penggemar film Marvel, sosok Iron Man menjadi pahlawan super yang sangat ditunggu-tunggu. Tokoh Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr ini digambarkan sebagai pria yang cerdas dan mampu membuat robot yang dibuat dengan teknologi canggih.

    Ternyata, sosok tersebut tak hanya terjadi di dunia fiksi. Seorang pria asal Bali bernama I Wayan Sumardana alias Sutawan atau Tawan ini membuat tangan mirip Iron Man. tangan robot itu diciptakannya setelah dia mengalami stroke ringan 6 bulan yang lalu. Tangan kirinya sulit digerakkan, dan dokter mengatakan bahwa pria 31 tahun ini menderita stroke.

    Karena keterbatasannya ini, Tawan mempunyai ide cemerlang agar tangannya bisa tetap bisa berfungsi. Karena sebagai kepala keluarga dan harus menghidupi istri dan ketiga anaknya, Tawan memutar otak, mencari cara agar tetap bisa bekerja walaupun salah satu tangannya tidak bisa bergerak.

    Rupanya, benda ciptaannya tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang. Tawan sendiri merupakan lulusan Sekolah Teknik Mesin (STM) Rekayasa, Denpasar. Dia mengatakan, robot tersebut dirancang dari barang rongsokan yang berada di bengkelnya.

    "Ada komponen dari sepeda motor, ada juga dari perangkat elektronik komputer rongsokan," bebernya.

    Dia sempat mencoba berbagai rancangan hingga lima kali percobaan. Cara terakhir yang dipakainya adalah robot jenis EEG.

    Diyakinkan Tawan, bahwa semua alat yang digunakannya adalah barang rongsokan semasa dia menjadi pemulung. Hanya alat di kepala yang dibelinya dalam kondisi baru. Tak hanya itu, satu unit CPU komputer pun dipasang di bagian belakang tubuhnya sebagai penggerak dari sensor di kepala.

    "Saya buat alat ini selama dua bulan. Saya buat sejak dua minggu begitu saya dinyatakan lumpuh. Setidaknya dengan ini bisa jadi bekal hidup saya menyekolahkan tiga anak laki-laki saya," Harapnya menyudahi.

    Berkat benda ciptaannya, kini Tawan dijuluki 'Iron Man' asal Bali dan segera menjadi perbincangan dunia. Sorotan tersebut membuat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir datang menemuinya, bahkan berjanji bakal mengurus hak paten.

    Pasalnya selama ini banyak karya anak bangsa yang populer dan inspiratif bahkan mendunia namun sering tenggelam begitu saja lantaran tidak ada hak paten terhadap produk atau inovasi yang dimiliki.

    Merdeka.com - Keberhasilan Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan, pembuat robot, ternyata tidak hanya banyak mendapat pujian. Ada juga yang meragukan robot tangan buatan pria dijuluki 'Iron Man' asal Banjar Tauman, Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis kabupaten Karangasem, Bali, ini.

    Dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Rudy Dikairono salah satunya. Dia meragukan tangan robot buatan Tawan.

    "Teknologinya sudah ada, tetapi yang terlihat di media massa itu pasti bukan robot yang dikendalikan dengan pikiran," terang Rudi, Sabtu (23/1).

    Dia menambahkan, ini terlihat dari respon gerakan yang terlalu sempurna. Padahal sampai saat ini temuan di negara-negara maju, robot lengan yang digerakkan pikiran hanya mampu bergerak naik turun, menekuk, dan menggenggam. "Sehingga bisa saya katakan temuan robot pengontrol pikiran milik Wayan hanya fiktif belaka," tegasnya.

    Menyikapi ini, Tawan hanya menjawab dengan enteng. Pria berusia 31 tersebut, menyadari dengan segala keterbatasan yang dimilikinya termasuk juga dengan segala kehidupannya.

    Dengan sedikit ilmu yang didapatkan saat sekolah di bangku STM di Denpasar dulu, dia mulai membuat skema rancangan robot dengan rumus Alfa, Delta, Meta dan Neta, ditambah lagi dengan informasi yang dipelajarinya dari internet. "Semua ini saya lakukan karena tangan saya yang kiri tidak berfungsi. Saya punya tanggung jawab untuk istri dan ketiga anak saya, saya tidak minta lebih dan terkenal dengan kemampuan saya. Saya hanya ingin bisa bekerja dengan kedua tangan saya, ternyata saya bisa," ungkap Tawan.

    Soal dikatakan fiktif, Tawan tidak terlalu ambil pusing. "Sejak awal saya katakan, robot lengan saya ini bukan buatan orang hebat dan para ahli robot yang buatan mahasiswa. Ini buatan orang biasa yang hanya tamatan SMA dengan bahan bahan dari rongsokan," jabarnya.

    Melihat kondisi ini, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengaku kagum dengan kegigihan Tawan untuk bangkit hingga menciptakan robot tangan yang menghebohkan itu. Secara pribadi, Mangku Pastika langsung memberikan bantuan tunai sebesar Rp 50 Juta kepada Sutawan, termasuk bersedia untuk membantu pengobatan tangan Sutawan yang lumpuh.

    "Kita akan bantu pengobatannya ke dokter syaraf, kalau tidak bisa di Karangasem, kita bawa ke Denpasar, kalau tidak ada di Bali, kita bawa keluar Bali, kalau tidak ada di Indonesia kita bawa kemana lah. Karena ilmunya Sutawan ini yang sangat berharga," ujar Mangku Pastika.

    Lantas untuk menjawab keraguan dari para Netizen terkait robot temuan Sutawan itu, Gubernur Bali mengaku siap memfasilitasi untuk menguji kebenaran robot tangan rancangan Sutawan tersebut dengan mendatangkan para pakar ahli teknologi. "Silakan diuji, karena ada pakarnya untuk menguji itu," singkatnya.

    Untuk mengetahui kebenarannya, Gubernur Bali, I Gede Mangku Pastika akan mendatangkan tim ahli teknologi untuk menelitik kebenaran kemampuan temuan Tawan tersebut. Sebab robot tangan yang dirancang sendiri oleh Sutawan tersebut tergolong cukup canggih, karena berbasis Brain Computer Interface (BCI) dengan rumus Alfa-Delta-Meta-Neta.

    Bahkan tidak sedikit Netizen yang ragu dengan robot temuan Sutawan itu, dan menganggap itu hanya mencari sensasi saja. Namun bagaimana pun untuk membuktikan apakah robot tersebut betul-betul bisa bekerja dengan perintah otak seperti yang disebutkan Sutawan, perlu diuji secara seksama oleh pakar ahli teknologi yang mengerti tentang robot.

    Mangku Pastika bersama rombongan bertandang ke bengkel las Sutawan yang berlokasi dipinggir jalan 300 meter dari pertigaan Candidasa-Tenganan, Manggis.

    Gubernur mengaku kagum dengan kegigihan Sutawan untuk bangkit, hingga menciptakan robot tangan yang menghebohkan tersebut. Dan secara pribadi Mangku Pastika memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50 Juta kepada Sutawan, termasuk bersedia untuk membantu pengobatan tangan sutawan yang lumpuh.

    [tyo]
    http://www.merdeka.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

      Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

      Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
      Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Menebak kebenaran tangan robotik 'Iron Man' Bali Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top