728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 20 January 2016

    Salah Satu Trik Agar Bayi Lebih Mudah Tertidur, Dibelai

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Anak sudah ngantuk tapi kesulitan memulai proses tidurnya pasti menjadi hal yang membuat orang tua risi. Sebab, bukan tak mungkin anak justru menjadi lebih rewel.

    Nah, untuk membuat anak lebih mudah tertidur, bagi anak usia di bawah satu tahun, ada satu trik yang patut dicoba yakni dengan membelai wajah, leher, sampai bagian tubuh lain anak. Cara tersebut sudah dipraktikkan oleh seorang ibu seperti terlihat dalam video yang diunggah majalah Prancis 'Pour Nous Les Femmes' di halaman Facebook-nya.

    Dalam video berdurasi 1,5 menit itu, terlihat seorang bayi yang usianya sekitar di bawah satu tahun tengah dipangku oleh sang ibu. Si bayi terlihat sudah mengantuk tapi ia agak rewel. Dengan lembut, sang ibu membelai kepala, telinga, wajah, sampai leher putranya itu.


    Lambat laun, si bayi mulai mengantuk hingga akhirnya tubuhnya rebah di dada ibunya. Saat itu, si ibu masih melanjutkan 'ritual' membelai bayinya tersebut hingga akhirnya bocah berambut pirang itu pun terlelap di pelukan sang ibu. Sejak diunggah pada bulan November lalu, video ini sudah dibagikan lebih dari 65.000 kali dan sudah dilihat oleh lebih dari 3 juta pengguna Facebook.

    "Saat ini banyak video yang menunjukkan trik-trik yang dilakukan orang tua agar bayinya bisa lebih mudah tertidur. Pada dasarnya, belaian orang tua bisa memberikan rasa nyaman pada bayi namun hal itu bisa saja tidak berlangsung lama," kata Christine Chambers, profesor pediatri di Dalhousie University, Halifax kepada CBS News.

    Meski demikian, Chambers menekankan tak ada salahnya jika orang tua mencoba trik tersebut. Asalkan trik tersebut tidak membahayakan bayi, Chambers beranggapan sah-sah saja ayah atau ibu melakukan beragam upaya untuk menidurkan buah hatinya.

    Nah, dikatakan dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, pada prinsipnya, elusan, tepuk-tepuk lembut, atau usapan pada bayi bisa membuat bayi tertidur. Asalkan dilakukan konstan, cara itu bisa membuat bayi merasa aman. Ibu satu anak ini mengungkapkan, jika bayi susah tidur salah satunya karena takut ketika tidur dia akan ditinggal ibunya.

    "Kalau kita terus-terusan menepuk, mengelus, atau mengusap dia tahu kalau ibunya ada di sebelah dia. Namun, jangan lupa perhatikan pula faktor lain terkait kenyamanan bayi misalnya popoknya yang tidak basah, bayi sudah dalam keadaan kenyang, tidak kepanasan, dan pastinya tubuh anak dalam keadaan fit," tutur dr Meta.


    (rdn/vit)
    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Salah Satu Trik Agar Bayi Lebih Mudah Tertidur, Dibelai Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top