728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 5 January 2016

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren (1)

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren
    Foto: Thinkstock

    Karena perkembangan teknologi informasi, para bunda akan lebih mudah mengakses informasi termasuk tren makanan. Karenanya pemberian makanan pada si kecil juga mengikuti tren.

    ​Banyak varian bahan makanan dan cara pemberian makanan yang mengalami penyesuaian dalam keluarga. Seperti konsumsi makanan segar, masakan rumahan dan makan bersama yang akan digemari tahun ini. Beberapa hal ini bisa Anda siapkan sebagai penyesuaian.​


    1. Latih si kecil memilih sendiri makanan dengan porsi​ yang ia inginkan

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren

    Membiarkan anak memilih sendiri makanannya sesuai selera akan melatih nalurinya saat ia merasa lapar. Si kecil akan terbiasa mandiri menyiapkan makanannya seperti orang dewasa. Menerapkan kebiasaan ini akan membawa pengaruh pada menurunnya masalah obesitas saat si kecil nanti beranjak dewasa.

    ​Anjuran ahli diet untuk mengunyah makanan dengan perlahan bisa diterapkan sejak dini pada si kecil.​


    2. Makan bersama keluarga

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren

    Memiliki anak-anak khususnya balita biasanya membuat orangtua menyediakan waktu khusus untuk menyuapi si kecil. Namun kini konsep yang berkembang justru membiarkan si balita ikut makan bersama-sama dengan keluarga.​ Biarkan si kecil ikut bereksplorasi dengan hidangan yang tersedia di atas meja makan dan menentukan sendiri apa saja yang akan disantapnya.

    Jangan lupa sajikan sayur-sayuran agar anak Anda pun menyukai sumber makanan yang baik bagi tumbuh kembangnya. Dengan membiasakannya makan bersama keluarga, si kecil tidak akan merasa dipaksa untuk melahap makanan.


    3. Berikan ​m​akanan ​k​aya ​p​robiotik

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren

    Selain omega-3 dan vitamin D, makanan untuk si kecil juga harus mengandung probiotik. Probiotik ialah bakteri baik yang terkandung dalam makanan seperti yogurt. Bakteri ini membantu memerangi bakteri jahat yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh si kecil tak rentan sakit.

    Probiotik bermanfaat untuk mencegah diare. Berikan makanan mengandung probiotik seperti yogurt atau supplemen probiotik khusus. ​Bahan makanan probiotik akan makin banyak dijual seiring dengan pola hidup sehat yang digemari banyak orang.


    4. Jangan sajikan makanan istimewa​

    Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren

    Sebagai orangtua, mulailah untuk tidak memisahkan makanan. Berikan juga si kecil makanan yang dihidangkan di meja makan. Dengan menyediakan makanan yang terpisah, justru akan membuat si kecil semakin memilih-milih makanan dan tidak akan berani mencoba makanan baru​. Kenalkan si kecil pada menu-menu yang rutin Anda hidangkan dan biarkan ia mencicipnya dalam porsi kecil.



    (odi/tan)
    http://food.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Trik Pemberian Makanan untuk si Kecil Juga Disesuaikan dengan Tren (1) Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top