728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 20 February 2016

    AIESEC UI: Masih Banyak Anak yang Hanya Berniat Sekolah sampai SD

    Ilustrasi anak usia SD.

    JAKARTA, KOMPAS.com — Menurut badan khusus PBB yang menangani masalah pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan, UNESCO, peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa.

    Namun, pendidikan di Indonesia belum mendapat perhatian penuh dari berbagai elemen masyarakat. Sebab, masih banyak orangtua yang belum menyadari pentingnya pendidikan bagi anak-anak.

    Koordinator komite lokal AIESEC Universitas Indonesia (UI), Cania Mutia, mengungkapkan bahwa jumlah anak-anak di Jakarta yang tidak melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (SMP) masih sangat tinggi.

    Menurut Cania, pihaknya pernah membuat sebuah penelitian mengenai masalah pendidikan. Untuk di Jakarta saja, masih banyak anak yang tidak bersekolah sampai SMP, bahkan di Jakarta Timur ada anak yang tidak pernah sekolah sama sekali.

    "Kalau di Jakarta saja masih terjadi, apalagi yang di daerah terpencil," ungkap Cania saat menggelar kampanye All The Greates Children saat car free day di Jakarta, Minggu (6/2/2016).

    Menurut Cania, masalah tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman bahwa pendidikan itu penting di masyarakat. 

    Masih banyak orangtua yang memandang mencari kerja dan menghasilkan uang jauh lebih penting ketimbang sekolah. Karena itu, sang anak pun hanya berniat sekolah sampai jenjang sekolah dasar.

    Berangkat dari persoalan itu, AIESEC UI menginisasi program All The Greatest Children. Tujuannya untuk memberikan pemahaman mengenai pendidikan.

    "Kami juga menggalang donasi bagi inisiatif sosial terkait pendidikan yang ada di daerah Ciliwung," ujar Cania.

    AIESEC merupakan sebuah organisasi perkumpulan pelajar dari seluruh dunia yang mendukung generasi muda mengembangkan potensi mereka agar mampu memberikan kontribusi positif dalam lingkungannya.
    Penulis: Kristian Erdianto
    Editor: Aprillia Ika
    http://edukasi.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: AIESEC UI: Masih Banyak Anak yang Hanya Berniat Sekolah sampai SD Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top