728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 15 February 2016

    Jamin Keamanan, Polda Metro Gencarkan Razia di Angkutan Umum

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, M Iqbal/kiri (Foto: Grandyos Zafna)

    Jakarta - Polda Metro Jaya akan meningkatkan razia di angkutan umum untuk mengantisipasi adanya kejahatan jalanan, menyusul kematian karyawan Telkom, Bagus Budiwibowo (41) yang diduga jadi korban penodongan di Metromini 640. Razia dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang angkutan umum.

    "Polda Metro Jaya akan melakukan operasi ganguan tindak pidana di dalam angkutan umum," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/2/2016).

    Iqbal mengatakan, razia tidak hanya dilakukan oleh polisi berpakaian bebas, tetapi juga polisi berseragam dinas.

    "Kami akan jamin rasa aman bagi masyarakat di angkutan umum. Reserse akan dimobilisasi sebanyak-banyaknya," imbuh Iqbal.

    Terkait kematian Bagus, Polda Metro belum bisa menyimpulkan adanya tindak pidana atau murni kecelakaan. Namun diakui kejahatan masih sering terjadi di angkutan umum masih menjadi fenomena di Jakarta.

    Kerawanan kejahatan di dalam angkutan umum ini bisa terjadi di mana saja. Pelaku kejahatan, kata Iqbal, mengincar sasaran korban yang potensial.

    "Saya kira begini kalau ditanya daerah rawan itu saya usung teori potensi kamtibmas, ada potential victim itu harus jadi identifikasi masyarakat, kalau ada wanita malam-malam bawa tas di mana pun itu jadi daerah rawan," jelas dia.

    Agar terhindar dari kejahatan di dalam angkutan umum, penumpang diimbau untuk selalu mawas diri. Polisi juga mengimbau agar memilih angkutan umum yang aman pada malam hari terutama bagi kaum wanita.

    "Kalau melihat jam waktu larut malam terpaksa harus bepergian, lakukan dengan cerdas artinya jangan memilih angkutan kosong, ajak beberapa orang jangan sendirian. Pilih angkutan umum yang aman," ujar Iqbal.

    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelumnya mengaku menyesalkan kasus meninggalnya Bagus Budiwibowo. Ahok menegaskan program penghapusan Metromini agar bus terintegrasi TransJakarta akan tetap dilanjutkan.

    "Ya makanya saya bilang, yang namanya copet segala macam, kalau di Trans Jakarta lebih rapi, itu (copet) yang saya mau habisi," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Senin (15/2).

    Keluhan terhadap keamanan dan kenyamanan Metromini memang terus diterima Ahok. Karena itu program terintegrasi TransJ diyakini bisa meminimalisir tindak kejahatan di angkutan umum yang tidak dilengkapi kamera pengawas CCTV.

    "Dulu saya bilang, sikat Metromini, orang bilang enggak manusiawi karena mereka mau kerja. Kita tawari dia, dia enggak mau. Setelah kejadian demi kejadian saya kira enggak bisa toleransi," sambung Ahok. 
    (mei/fdn)

    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jamin Keamanan, Polda Metro Gencarkan Razia di Angkutan Umum Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top