728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 21 February 2016

    Mahasiswa Ini Ciptakan Sedotan Tanpa Suara Jika Disedot

    Foto: Thinkstock/RocketNews24/My Game News Flash

    S​edotan mengeluarkan bunyi mengganggu saat ​dipakai menyedot​ minuman. ​Mahasiswa dari​ Kyoto University ini ​ berhasil ​membuat sedotan ​yang tak berisik.​

    Kotaro Takahashi adalah mahasiswa Kyoto University yang ikut dalam Student Projects for the Enhancement of Creativity (SPEC). Dilansir dari RocketNews24(20/02), ​p​royek ini sebenarnya kontes untuk mahasiswa yang bersaing membuat penemuan ​ilmu pengetahuan​. Proyek SPEC sepenuhnya didukung secara finansial dan akademis oleh pihak kampus.

    Dari 26 pendaftar, 6 diantaranya terpilih, salah satunya ​Kotaru Takahashi​. Ia​ menciptakan Silence Straw, yang memadukan bidang sains dan teknik di waktu bersamaan.


    Penemuan mahasiswa berumur 18 tahun ini bermula ​dari suara sedotan yang keras saat dipakai menyedot sisa minuman dalam gelas.

    ​S​elama berminggu-minggu Takahashi berkonsultasi dengan para mentornya dan berhasil membuat prototipesedotan yang bisa mengecilkan suara tersebut. Walau belum sempurna benar, Takahashi masih mencari cara agar bunyi itu tak keluar saat sedotan dise​dot​ dengan kekuatan tinggi.


    Untungnya, Takahashi mendapat bantuan dari kampusnya sebanyak 500.000 yen atau sekitar Rp 60.000.000. Dengan bantuan itu, Takahashi berharap bisa menyempurnakan alat yang mendeteksi suara dan membuat kamera kecil yang bisa menganalisis penampilan dan cara kerja alat di bagian dalam sedotan.

    (odi/adr)
    http://food.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mahasiswa Ini Ciptakan Sedotan Tanpa Suara Jika Disedot Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top