728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 22 February 2016

    Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200

    Yes, dengan sedikit kreatifitas, mengatur kantong plastik pun menjadi mudah dan menyenangkan seperti berikut ini.

    Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mulai menguji coba penerapan kantong plastik berbayar di ritel modern di Indonesia pada Minggu ini, 21 Februari 2016.

    Ujicoba tersebut serempak dilakukan di 17 kota seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Nantinya saat berbelanja, konsumen akan dikenakan pembayaran sebesar Rp 200 per kantong plastik.

    Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N Mande mengungkapkan, peluncuran penerapan kantong plastik berbayar ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia, pagi ini.

    "Pak Jokowi yang me-launching ujicoba kantong plastik berbayar dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2016," ujarnya saat dihubungi‎ Liputan6.com di Jakarta.

    Para pelaku usaha ritel, kata Roy, sangat mendukung ujicoba penggunaan kantong plastik berbayar ini hingga Juni 2016. Ia menyebut, jumlah ritel modern di Indonesia mencapai 35 ribu ritel.

    Dari jumlah itu, ritel tetap anggota Aprindo mencapai lebih dari 70 ribu peritel. Sekitar 12 ribu-13 ribu merupakan basis toko modern berkonsep waralaba, seperti Alfamart dan Indomaret.

    "Untuk ujicoba ini kita terapkan untuk ritel modern yang paling siap maksimal. Jadi 35 ribu gerai itu belum bisa jalan semua," terang Roy.

    Begitu pula dengan jumlah kota yang akan mengimplementasikan kebijakan pemerintah itu. Dari rencana 22 kota, diakui Roy, baru 17 kota yang akan memulai ujicoba tersebut. Kota-kota ini tersebar sampai ke Indonesia bagian Timur.

    "Tidak semua kota kelihatannya siap, jadi baru bisa sebagian dari 22 kota. Ya, sekitar 12 kota-17 kota yang mulai ujicoba," dia memaparkan.

    Adapun tujuan dari pengenaan biaya untuk plastik bukan untuk membebani masyarakat mengeluarkan uang lebih dalam membeli plastik, tapi untuk mengurangi limbah kantong plastik.

    Roy mengatakan, satu kantong plastik dihargai Rp 200. Harga tersebut dinilai masih terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. "Kenapa Rp 200? Biar terjangkau dulu lah. Masyarakat tidak terasa dengan harga ini dan bisa diterima semua kalangan dan lapisan masyarakat," tegas dia.

    Ia berharap, ujicoba sekaligus sosialisasi ini dapat diterima masyarakat. Namun apabila kebijakan kantong plastik berbayar belum teredukasi dengan baik, Roy meminta kepada pemerintah agar pelaksanaan aturan tersebut dapat mundur sampai akhir tahun ini.

    "Kalau belum teredukasi dengan baik, karena masih ada polemik di masyarakat, sekiranya memungkinkan peraturan menteri ini jangan langsung dijalankan. Tapi dimundurkan sampai akhir tahun," pinta Roy.(Fik/Nrm)

    http://bisnis.liputan6.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1.  saudara kita yang kekasih, saudara perempuan malaysia datang dan menyertai saya bersyukur kepada Tuhan saya karena ada don untuk saya saya telah memohon untuk pinjaman dalam internet tetapi tidak pernah untuk mencari mana-mana pemberi pinjaman benar baik yang boleh membantu saya keluar dari masalah finalcial saya sehingga i bertemu seorang rakan yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman morther dan ketika saya dihubungi ibu saya tidak pernah percaya pada dia kerana pengalaman masa lalu, saya adalah afriad dan saya tidak pernah mahu menjadi mangsa sekali lagi kerana saya telah penipuan oleh bintang penipuan internet 40 juta jadi apabila ibu meminta saya untuk membuat bayaran pindahan pinjaman saya i adalah afriad dan saya kembali kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu dan dia memberitahu saya bahawa ini adalah proceedure syarikat yang i tidak perlu takut dan dia menggalakkan saya bahawa saya tidak boleh melepaskan iman kemudian saya mengambil perkataan kawan saya dan membuat satu langkah iman dan saya membuat bayaran pindahan, tetapi ibu kembali kepada saya bahawa akaun saya perlu diaktifkan untuk Pindahkan antarabangsa dan saya berkata kepada diri saya i mempunyai jatuh mangsa sekali lagi pada kali ini saya berputus asa tetapi ibu memberikan perkataan beliau dan saya kembali kepada kawan saya dan dia menggalakkan untuk mengikuti ibu dan saya membuat pembayaran pengaktifan bank dan untuk mengejutkan terbesar saya dalam masa 2 jam berikutnya selepas saya membuat pembayaran i menerima alter dalam telefon saya bahawa jumlah RM500.000 telah ke hadapan ke akaun bank saya dengan pinjaman ibu firma ibu Dewi Ahmad yang membuat saya siapa saya hari ini. itulah sebabnya i deside untuk keluar di udara dan membuat kesaksian ini supaya orang follow negara saya yang memerlukan pinjaman boleh menghubungi ibu hari ini sila i mahu anda orang untuk menjadi bijak untuk tidak jatuh ke dalam tangan peminjam palsu seperti i berbuat demikian jika anda tahu bahawa anda perlu pinjaman hari ini sila hubungi ibu sekarang: melalui e-mel dewiahmad.loanfirm@gmail.com anda juga boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut di emel: lisaivan070@gmail.com terima kasih dan tuhan loceng anda semua

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Mulai Hari Ini, Belanja Pakai Kantong Plastik Bayar Rp 200 Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top