728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 15 February 2016

    Saingi Google, Wikipedia Rancang Mesin Pencarian Sendiri

    Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menampik rumor bahwa mesin pencarian tersebut akan serupa dengan Google

    Liputan6.com, California - Perusahaan induk ensiklopedia online Wikipedia, Wikimedia Foundation, dikabarkan telah merampungkan rencananya untuk merilis sebuah mesin pencarian. 

    Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menampik rumor bahwa mesin pencarian tersebut akan serupa dengan mesin pencarian Google.

    Menurut informasi yang dilansir The Register, Senin (15/2/2016), rencana Wikimedia Foundation mengembangkan mesin pencarian telah lebih dulu bocor dari sebuah dana yang diterima sebesar US$ 250 ribu atau setara Rp 3,36 miliar dari yayasan Knight.

    Diketahui, mereka menargetkan dana US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 33 miliar untuk menciptakan sebuah mesin pencarian canggih.

    Dana tersebut diduga yang ‘pertama’ untuk membantu Wikipedia. Sementara, pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan, tujuan penciptaan mesin pencarian ini adalah untuk membangun sistem guna mencari informasi dari kumpulan ensiklopedia yang ada di internet.


    Sebagai langkah awal, Wikimedia Foundation pelan-pelan akan mengubah konsepWikipedia. Nantinya, Wikipedia akan berubah dari ensiklopedia online menjadi sebuah ‘portal’ informasi terbuka untu masyarakat.

    Belum jelas kapan mesin pencarian tersebut akan rampung. Kabarnya, proyek ini akan memakan waktu 12 bulan dan berakhir Agustus 2016.

    (Jek/Isk)
    http://tekno.liputan6.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Saingi Google, Wikipedia Rancang Mesin Pencarian Sendiri Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top