728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 18 February 2016

    Sampel Virus Zika Indonesia Diminati Peneliti Negara Lain

    Foto: Reuters

    Jakarta, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman adalah satu-satunya institusi di Indonesia yang saat ini sudah memegang sampel virus Zika yang kini tengah mewabah di Amerika Selatan dan menjadi perhatian dunia. Virus tersebut diisolasi dari seorang pria di Jambi yang awalnya diduga mengidap Demam Berdarah Dengue pada tahun 2015 lalu.

    Virus Zika membuat heboh karena ia dikaitkan dengan peningkatan kejadian mikrosefali atau kecacatan lahir. World Health Organization (WHO) pun mengumumkan situasi Public Health Emergency untuk mikrosefali dan mendorong ilmuwan dari seluruh penjuru dunia mengkonfirmasi kaitannya dengan Zika.

    Zika sendiri sebetulnya sudah diidentifikasi sejak tahun 1947, namun karena ia dianggap sebagai penyakit yang ringan maka belum ada negara yang benar-benar menelitinya. Barulah sejak Zika mewabah di Brazil pada akhir 2015, riset-riset mulai berjalan.

    Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio mengatakan pihaknya masih melakukan kajian untuk mengetahui karakteristik dari virus. Sampel yang dimiliki cukup unik dan menurut Prof Amin kerap diminta oleh peneliti negara lain.

    "Beberapa kali isolat virus ini diminta sama negara lain. Saya enggak buka siapa tapi memang ada beberapa yang mereka mencoba (minta -red)," kata Prof Amin ketika ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta, Rabu (17/2/2017).

    "Virus kita ini memang menarik karena cuma ada satu," lanjutnya.

    Prof Amin mengatakan ia tak berniat untuk menyembunyikan informasi kepada peneliti dari negara lain. Hanya saja karena penelitian tengah berlangsung maka untuk sementara fokus untuk sampel virus masih diberikan penuh sampai selesai.

    "Kita belum kasih. Kita sedang melakukan karakterisasi lebih lanjut dengan sequencing dan informasi itu nantinya juga kita share dengan dunia internasional. Jadi untuk sekarang belum kita kasih," tutup Prof Amin.

     (fds/up)
    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sampel Virus Zika Indonesia Diminati Peneliti Negara Lain Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top