728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 22 February 2016

    Wali Kota Solo Tolak Kantong Plastik Berbayar

    Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo

    SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menolak adanya sistem plastik berbayar. Alasannya, bagi warga yang mampu, masih akan membeli katnong plastik saat berbelanja.

    Hal tersebut, menurut Rudy, tidak akan mengurangi penggunaan kantong plastik. Rudy menjelaskan bahwa solusi untuk mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan kantong plastik bukan dengan cara meminta konsumen untuk membeli kantong plastik saat berbelanja, melainkan peritel menyediakan tas belanja dari bahan kain.

    "Saya tidak setuju, karena bagi warga yang mampu bayar, ya akan tetap pakai tas plastik karena praktis. Itu tidak akan mengurangi jumlah sampah plastik. Lebih baik, pengusaha retail atau toko menyediakan tas kantong belanja dari kain atau anyaman bambu, sehingga pembeli akan membelinya sebagai pengganti kantong plastik," katanya saat menghairi "Car Free Day" di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (21/2/2016).

    Lebih jauh lagi, Rudy menjelaskan bahwa pengusaha retail memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bisa digunakan untuk pembuatan tas pengganti kantong plastik.

    Dengan dasar tersebut, Rudy berharap pengusaha bisa saja memberi gratis tas tersebut kepada pembeli atau bisa membeli dengan harga murah.

    "Tas itu nantinya tidak sekali pakai, bisa dipakai berkali-kali saat berbelanja," katanya.
    Penulis: Kontributor Surakarta, M Wismabrata
    Editor: Farid Assifa
    http://regional.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wali Kota Solo Tolak Kantong Plastik Berbayar Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top