728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 17 March 2016

    Cara Tepat Menyingkirkan Dahak

    Ilustrasi

    KOMPAS.com - Terkadang tenggorokan kita dipenuhi oleh lendir alias dahak. Menyingkirkan dahak bisa menjadi hal yang menjengkelkan karena meski sudah berkali-kali batuk tapi dahak tetap sulit dikeluarkan.

    Dahak pada dasarnya adalah lendir yang terdiri dari air, garam, dan antibodi. Tubuh kita memperoduksi dahak untuk menangkap dan mengeluarkan bakteri serta mikroorganisme lainnya dari hidung dan tenggorokan.

    Dahak muncul bukan hanya saat kita sakit, tapi juga ketika tubuh sedang fit. Hal ini karena secara alami tubuh memproduksi dahak setiap hari.

    "Tanpa dahak, kuman dan iritan di udara akan mudah masuk ke paru lewat saluran napas," kata Brett Comer, dokter di bidang alergi dan bedah sinus dari University of Kentucky College of Medicine.

    Ketika kita sedang sakit atau menderita alergi, tubuh akan meningkatkan produksi dahak untuk membersihkan kuman-kuman yang terhirup.

    Walau mungkin terasa menjijikkan, tapi sebenarnya tak ada salahnya jika kita menelan dahak. Bahkan, mungkin itu yang diperlukan karena jika tertelan maka asam lambung dan sistem pencernaan akan menyingkirkan kuman. Alternatif lainnya tentu saja membuangnya dengan cara meludah.

    Yang perlu diperhatikan adalah warna lendir tenggorokan. Bila dahak Anda kuning atau hijau, kemungkinan Anda menderita infeksi virus. Warna tersebut timbul oleh enzim yang diproduksi sel darah putih yang melawan infeksi.

    Bila dahak Anda kental dan bertahan lebih dari satu minggu, kemungkinan infeksi virus Anda berkembang menjadi infeksi bakteri. Periksakan ke dokter untuk mengobatinya.

    Sementara itu, jika dahak Anda tampak bening, kemungkinan Anda memiliki alergi. Alergi akan memicu membran mukus memproduksi hitamin yang membuat sel-sel membuat lebih banyak dahak. Mengonsumsi obat antihistamin bisa menghentikan produksi lendir yang berlebihan.

    Bagaimana jika dahak kita berwarna merah atau darah? Kondisi itu disebabkan oleh udara yang kering. Atasi dengan melembabkan saluran napas menggunakan semprotan hidung.

    Jika Anda sering mendapati darah pada lendir tenggorokan, kemungkinan Anda adalah seorang perokok atau peminum alkohol. Segera periksakan ke dokter karena kemungkinannya adalah kanker.
    Editor: Lusia Kus Anna
    Sumber: Menshealth
    http://health.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Tepat Menyingkirkan Dahak Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top