728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 7 March 2016

    Catat! Batas Kecepatan Kendaraan di Jalan Perkotaan 50 Km/Jam

    ilustrasi (Foto: pool)

    Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan segera menerapkan penggunaan speed gun untuk mengukur bayas kecepatan kendaraan di Ibu Kota. Pengendara yang melebihi batas kecepatan kendaraan akan ditilang.

    Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, batas kecepatan kendaraan telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Batas Kecepatan.

    "Untuk batas kecepatan kendaraan di jalan tol itu 60-80 Km/Jam atau 60-100 Km/Jam dinyatakan dalam rambu-rambu (di tol)," ujar Budiyanto kepada detikcom, Minggu (5/3/2016).

    Sementara di jalan perkotaan maksimal 50 Km/Jam. Sedangkan di jalan permukiman kecepatan kendaraan tidak boleh melebihi 30 Km/Jam.

    Untuk memaksimalkan tindakan tilang kepada pengendara yang doyan ngebut, polisi menggunakan speed gun. Terkait penggunaan speed gun, Budiyanto mengatakan hal itu masih dalam tahap sosialisasi. 

    Penerapan penggunaan speed gun ini salah satunya untuk meminimalisir angka kecelakaan akibat kecepatan tinggi yang berpotensi menimbulkan tingkat fatalitas kematian.

    "Penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas dan dan angkutan jalan yang melebihi batas kecepatan dengan menggunakan speed gun sebagai bentuk tanggung jawab kepolisian untuk menekan pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terhadap fatalitas laka lantas," pungkasnya.


    (mei/rvk)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Catat! Batas Kecepatan Kendaraan di Jalan Perkotaan 50 Km/Jam Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top