728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 18 March 2016

    Ini Manfaat Teknologi Digital untuk Perusahaan Migas

    Foto: Reuters

    Jakarta -Hasil riset terbaru Accenture dan Microsoft Corp menemukan perusahaan minyak dan gas (migas) di dunia, termasuk Indonesia, tetap berinvestasi di teknologi digital meskipun harga komoditas sedang rendah. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan nilai bisnis dan efisiensi biaya.

    Berdasarkan survei oleh PennEnergy Research, teknologi digital telah memberi nilai tambah bagi perusahaan migas hulu dengan membantu mengurangi biaya, membuat keputusan lebih cepat dan lebih baik serta meningkatkan produktivitas angkatan-kerja. Lebih dari setengah responden (53%) mengatakan bahwa digital telah memberikan nilai yang cukup signifikan bagi bisnis mereka.

    Pengurangan biaya dinilai sebagai tantangan terbesar yang dapat diatasi oleh teknologi digital saat ini, menurut responden. Selain itu, 56% responden melaporkan bahwa manfaat terbesar yang diperoleh teknologi digital adalah kecepatan membuat keputusan yang lebih baik, sedangkan salah satu hambatan terbesar untuk mewujudkan nilai adalah kurangnya strategi bisnis yang jelas, bukan karena teknologi itu sendiri.

    Investasi digital saat ini lebih fokus pada mobilitas, dengan hampir tiga perlima responden (57%) melaporkan telah menanamkan modalnya di teknologi mobile, dibandingkan angka tahun lalu, yaitu 49%. Temuan berikutnya adalah investasi di Internet of Things (IoT) sebesar 44% pada tahun ini dan 25% pada tahun 2015, serta cloud sebesar 38%, naik 8% dari tahun lalu.

    Selama 3 hingga 5 tahun ke depan, investasi perusahaan diharapkan dapat mengarah ke big data dan analitik sebesar 38%, IoT 36%, serta mobile 31%.

    Country Managing Director Accenture Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan temuan survei tersebut menunjukkan perkembangan yang sangat menarik, yaitu industri migas menggunakan teknologi digital untuk membantu mereka meraih keuntungan yang kompetitif dan memberikan efisiensi biaya dalam menghadapi tantangan ekonomi dan industri saat ini. 

    "Kemampuan pengambilan keputusan lebih baik yang diperoleh dari investasi tersebut juga membantu perusahaan untuk mempersiapkan diri terhadap pertumbuhan di masa depan dan menjadi perusahaan berkinerja tinggi dengan mengidentifikasi area bisnis dan sumber pendapatan baru serta pengalaman yang belum dirasakan sebelumnya oleh pelanggan," ujar Neneng Goenadi, di kantornya, Wisma 46 Kota BNI, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

    Sementara itu, dua pertiga (66%) responden meyakini analitik sebagai salah satu kemampuan paling penting untuk mengubah perusahaan mereka dan hanya 13% yang merasa kemampuan analitik perusahaan mereka sudah matang. Hampir dua pertiga (65%) responden berencana untuk menerapkan lebih banyak kemampuan analitik dalam tiga tahun ke depan untuk memenuhi kebutuhan ini.
    (hns/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Manfaat Teknologi Digital untuk Perusahaan Migas Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top