728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 15 March 2016

    Jangan Sepelekan Menstruasi Tidak Teratur

    Menstruasi yang tidak teratur dapat menimbulkan gangguan organ reproduksi lainnya. (Pixabay/FsHH)

    Menstruasi merupakan sebuah siklus yang dialami oleh setiap wanita yang telah melewati masa pubertas. Siklus menstruasi yang dialami setiap wanita berbeda-beda. Siklus menstruasi, normalnya berada pada rentang 21 hingga 35 hari. Sedangkan masa menstruasi terjadi selama tiga hingga delapan hari per siklus.
    Anda sebaiknya mencatat siklus menstruasi Anda. Bila menstruasi Anda berjalan tidak teratur, Anda sebaiknya tidak menyepelekan hal tersebut. Menstruasi yang tidak teratur bisa menimbulkan gangguan pada organ reproduksi Anda. Gangguan menstruasi dibagi menjadi empat golongan, yaitu:
    1. Metrorrhagia
    Ini merupakan gangguan siklus menstruasi. Menstruasi bisa saja datang di antara siklus menstruasi Anda. Pada jenis gangguan menstruasi ini, menstruasi umumnya terjadi tiga atau enam minggu sekali. Mencatat tanggal awal menstruasi dapat menjadi salah satu cara untuk mewaspadai gangguan ini.
    2. Menorrhagia
    Gangguan ini berkaitan dengan banyaknya darah menstruasi yang keluar. Jika darah menstruasi Anda keluar sangat banyak, hingga menghabiskan lebih dari tiga pembalut penuh setiap harinya, bisa jadi Anda mengalami gangguan menstruasi ini.
    3. Oligomenorrhea
    Ini merupakan jenis gangguan menstruasi, dimana penderitanya sangat jarang mendapatkan menstruasi. Bila Anda tidak menstruasi lebih dari 35 hari, mungkin Anda mengalami gangguan ini. Beberapa penderita Oligomenorrhea bahkan hanya mengalami menstruasi sebanyak dua hingga tiga kali saja dalam setahun.
    4. Polymoenorrhea
    Kebalikan dari Oligomenorrhea, gangguan ini justru terjadi saat seseorang mendapatkan menstruasi setiap dua hingga tiga minggu sekali. Hal tersebut tentu saja lebih sering dari siklus normal yang seharusnya.
    Gangguan menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, ketidakseimbangan hormon, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, serta stres. Bila Anda menyadari diri Anda mengalami gangguan seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Yang juga tidak kalah penting adalah menjaga pola makan dan gaya hidup Anda, serta kendalikan stres. Jangan sampai gangguan menstruasi tersebut menimbulkan gangguan organ reproduksi lainnya yang membahayakan kesuburan dan kesehatan Anda.

    http://www.1health.id/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jangan Sepelekan Menstruasi Tidak Teratur Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top