728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 19 March 2016

    Jokowi: 2018, Merak-Surabaya akan Terhubung Tol

    Foto: Enggran Eko Budianto

    Mojokerto -Pembebasan lahan merupakan salah satu kendala pembangunan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak Banten-Surabaya. Namun, Presiden Jokowi memberikan semangat bekerja dan menargetkan pembangunan ruas tol tersebut rampung pada Tahun 2018.

    "InsyaAllah Tahun 2018 Merak sampai Surabaya juga harus nyambung. Nggak ada alasan apapun," kata Presiden Jokowi saat berpidato di acara peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di gerbang tol Penompo Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (19/3/2018).

    Presiden mengatakan, akan mengontrol pekerjaan pembangunan tol Trans Jawa, Merak-Surabaya, serta mematok target penyelesaian hingga 2018.

    "Bekerja kalau nggak diikuti, tidak dikontrol, tidak diberi target, tidak semangat," ujarnya.

    "Sekarang semangat semua. BUMN-nya, swasta-swastanya semangat. Kerja 24 jam dibagi 3 shift," tambah Jokowi.

    Dalam pidato tersebut, Jokowi menerangkan pembangunan infrastruktur negeri ini masih kalah dibandingkan negara lain seperti China. Jokowi mengatakan, di China sudah memiliki 60 ribu kilometer jalan tol. Setiap tahun di China bisa membangun antrara 4-5 ribu kilometer.

    "Dari merdeka sampai sekarang sudah 70 tahun, kita baru mempunyai 840 kilometer jalan tol," ujarnya.

    Jokowi memberi target ke Pak Menteri PU, dalam kurun waktu 5 tahun minimal bisa menyelesaikan pembangunan 1000 kilometer jalan tol di Indonesia.

    "InsyaAllah bisa tercapai. Bahkan saya pastikan bisa lebih (dari 1000 km). Tapi itu masih kecil. Bandingkan dengan setahun tadi yang 4-5 ribu kilometer," paparnya.

    Terkait mengenai persoalan pembebasan lahan, kata Jokowi, setiap pembangunan dan pekerjaan pasti menemui permasalahan. Namun, ketika persoalan pembebasan lahan rampung, pembangunan infrastruktur tol dinilai cepat.

    "Contohnya di sini (pembangunan tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV Krian-Mojokerto) kita resmikan ini sudah 21 tahun masalah tidak selesai-selesai karena pembebasan lahan," katanya.

    "Saya mengucapkan terima kasih ke Pak Wagub (Wakil Gubernur Jatim), Bupati dan walikota, yang membantu penyelesaian masalah pembebasan lahan. Meskipun ini (tol Sumo) masih separuh dari 36 kilometer," jelasnya.

    Presiden berharap, ketika pembangunan infrastruktur juga perlu menguasai kondisi di lapangan, bukan menunggu pekerjaan di kantor.

    "Inilah saya kira kerja lapangan yang kita inginkan, sehingga bisa mengejar ketertinggalan infrastruktur dari negara lain. Karena infrastruktur inilah diharapkan mobilitas orang, mobilitas barang lebih cepat. Transportasi lebih murah, biaya logistik lebih murah dan barang kita lebih kompetitif, dan harganya murah," tuturnya.

    "Tujuan akhirnya rakyat, karena bisa membeli produk-produk yang lebih murah," tandasnya.
    (roi/hns) 

    http://finance.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi: 2018, Merak-Surabaya akan Terhubung Tol Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top