728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 17 March 2016

    Keluhan Penumpang TransJ di Jl Pramuka, Waktu Tempuh Antar Halte 30 Menit

    Foto: Rachman Haryanto

    Jakarta - Warga Jakarta belum bisa sepenuhnya mengandalkan armada TransJakarta jika untuk mengejar ketepatan waktu. Seperti yang dialami Lukman,  Kamis (17/3/2016). Karyawan swasta di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, itu naik TransJakarta dari Halte Pasar Genjing di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, sekitar pukul 09.00 WIB.

    Dia berharap dalam waktu 45 menit bisa sampai di kantornya. Namun apa daya, laju TransJakarta tersendat saat hendak masuk Halte Matraman 2. "Saya kira penyebabnya macet, tapi ternyata tak begitu macet," kata Lukman saat menyampaikan pengalamannya kepada detikcom, Kamis (17/3/2016). 


    Ternyata, kata Lukman, laju TransJakarta tersendat karena ada armada lain yang menurunkan penumpang di Halte Matraman 2. Selesai menurunkan dan menaikkan penumpang, armada TransJakarta tersebut tak langsung jalan. "Kira-kira busway (TransJakarta) berhenti di halte antara 2 sampai 3 menit," kata dia. 

    Setelah dari Halte Matraman 2, laju bus juga tak langsung melenggang karena sepuluh meter berikutnya ada lampu traffict light dan putaran balik di depan flyover Matraman.  TransJakarta yang ditumpangi Lukman pun tertahan lagi. "Hari ini saya dari halte pasar Genjing sampai lepas perempatan Matraman  hampir 30 menit. Padahal biasanya tak sampai 10 menit," kata Lukman. Waktu tempuh ini cukup lama mengingat setelah halte Pasar Genjing langsung halte Matraman 2. 


    Menurut Lukman, di belakang bus yang dia tumpangi masih ada 4 sampai 5 armada TransJakarta yang tertahan dan akan masuk ke Halte Matraman 2. Akibat banyaknya deretan bus TransJakarta yang akan masuk masuk ke Halte Matraman 2 ini arus lalu lintas di ruas Jalan Pemuda menuju simpang Matraman tersendat. 

    Kepala Humas PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi mengatakan, memang untuk mengatur headway - jarak waktu antar armada bus - di beberapa halte bisa berhenti beberapa saat. Namun setelah di belakangnya armada lain sudah terlihat, TransJakarta tersebut harus segera jalan. 

    "Kebetulan misalnya, khusus halte sebelum lampu merah, setelah evakuasi bisa berhenti sesaat sambil menunggu penumpang. Tapi kalau di belakangnya sudah ada antrean bus lain, (TransJakarta) harus segera jalan," kata Prasetyo saat dihubungi detikcom, Kamis (17/3/2016). 

      
    (erd/nrl)
    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keluhan Penumpang TransJ di Jl Pramuka, Waktu Tempuh Antar Halte 30 Menit Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top