728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 18 March 2016

    Mengapa Wanita Perlu Waktu Tidur Lebih Lama dari Pria?

    Ilustrasi

    KOMPAS.com - Tak gampang menjadi seorang wanita di era ini. Mereka dituntut harus "sempurna", cerdas, pintar mengurus rumah tangga, dan mengikuti standar kecantikan tinggi dan tak masuk akal.

    Lebih dari itu, kaum hawa ini beresiko dua kali lebih besar menderita depresi dan juga penyakit jantung.

    Dengan semua tantangan tersebut, barangkali masuk akal mengapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa wanita memerlukan jam tidur yang lebih panjang dari pada pria.

    Para ahli mengatakan, wanita butuh 20 menit waktu tidur lebih lama dari pada pria karena otak mereka lebih kompleks dan dipakai lebih banyak.

    Menurut Yayasan Nasional Tidur AS, orang berusia di atas 18 tahun harus tidur sekitar 7-9 jam setiap malam agar sehat dan bugar.

    "Otak wanita dan pria memang berbeda, serta lebih kompleks sehingga kebutuhan tidur mereka lebih besar. Rata-rata perlu 20 menit lebih lama, tapi ada juga yang lebih dari itu atau sedikit lebih singkat," kata Jim Horne, direktur pusat penelitian tidur dari Universitas Loughborough Inggris.

    Selain itu, para wanita juga cenderung mengerjakan banyak hal pada waktu bersamaan (multitask), sehingga tentu saja mereka menggunakan otaknya lebih banyak.

    Waktu tidur yang lama bukan hanya dibutuhkan sebagai cadangan energi tapi juga mereka mengalami kerugian yang lebih besar akibat kurang tidur.

    "Bagi wanita, kurang tidur akan meningkatkan level stres, rasa marah, dan depresi. Sebaliknya, efek itu tak terlalu besar pada wanita yang kurang tidur," kata Horne.

    Fungsi utama dari tidur adalah memberi kesempatan bagi otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Saat tidur, bagian otak yang disebut korteks yang bertanggung jawab pada daya ingat, bahasa, dan pemikiran, akan memperbaiki diri.

    "Makin banyak Anda menggunakan otak di siang hari, makin butuh ia beristirahat dan memulihkan diri. Dengan kata lain, waktu tidur pun perlu lebih lama," katanya.
    Editor: Lusia Kus Anna
    Sumber: Medical Daily
    http://health.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengapa Wanita Perlu Waktu Tidur Lebih Lama dari Pria? Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top