728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 8 March 2016

    Pemakaian Deodoran dan Antiperspirant Tingkatkan Ragam Bakteri di Ketiak

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Masalah bau badan datang ketika keringat berlebih di ketiak jadi makanan bakteri yang ada dan sisa-sisa pencernaannya itu kemudian menjadi sumber bau. Oleh karena itu produk deodoran dan antiperspirant umum digunakan untuk mencegahnya dengan cara membunuh bakteri atau menghambat produksi keringat.

    Deodoran dan antiperspirant sebenarnya relatif aman digunakan sehari-hari, namun demikian menurut studi ada dampak terutama terhadap keragaman bakteri yang ada di ketiak. Menurut peneliti biologi mikro Julie Horvath dari North Carolina University ketika dilihat dari ragam yang tertinggal maka jumlah bakteri yang ada malah makin banyak jenisnya.

    Dalam studi yang dilaporkan dalam jurnal PeerJ, peneliti mengambil sampel ketiak 17 orang partisipan dalam 8 hari berturut-turut. Dari situ bisa terlihat bagaimana keragaman hayati terpengaruh oleh penggunaan deodoran dan antiperspirant.

    Rata-rata sebelum memakai produk, partisipan memiliki 750 koloni bakteri di ketiaknya. Jumlah tersebut menurun drastis menjadi rata-rata 73 pada hari pertama pemakaian dan kemudian turun lagi jadi 25 koloni pada hari kedua.

    Menariknya partisipan rata-rata memiliki 22 jenis bakteri di bawah ketiaknya sebelum mereka memakai produk. Jumlah tersebut lalu melonjak menjadi 106 setelah partisipan diminta untuk berhenti memakai produk.

    "Ujungnya kami ingin tahu apakah perubahan pada ekosistem mikroba ini adalah sesuatu yang baik atau buruk. Tapi pertama kita harus tahu dulu bagaimana keadaan lingkungannya dan bagaimana kebiasaan kita bisa memengaruhi hal itu," kata Horvath seperti dikutip dari LiveScience pada Selasa (8/3/2016).

    Bakteri yang tersisa di ketiak setelah pemakaian deodoran dan antiperspirant sebagian besar dikatakan peneliti adalah bakteri asing di ketiak.

    (fds/vit)
    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemakaian Deodoran dan Antiperspirant Tingkatkan Ragam Bakteri di Ketiak Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top