728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 15 March 2016

    Peneliti Belanda Kembangkan Sayuran di Planet Mars dan Bulan

    Hasil pengembangan tanaman yang menggunakan karakter tanah planet Mars dan Bulan. Foto: Istimewa.

    AMSTERDAM - Dengan kemajuan teknologi apa saja bisa dikerjakan, walaupun itu sangat susah dipahami dan dilakukan. Seperti yang dikerjakan para peneliti dari Wageningen University & Research Center Belanda yang mengembangkan tanaman di luar angkasa.

    Awalnya terinspirasi dari film The Martian, untuk bisa benar-benar mengembangkan lahan perkebunan di luar angkasa terutama di pelanet Mars. Para peneliti ini berhasil mencapai tahap awal menuju hal tersebut.

    Seperti dilansir dari Geek, Minggu (13/3/2016), tim peneliti yang dipimpin oleh Wieger Wamelink ini berhasil menanam tanaman di tanah yang mempunyai komposisi mirip dengan tanah di Planet Mars.

    Para peneliti sebenarnya mempunyai dua komposisi tanah luar angkasa yang berbeda. Tentu saja kedua tanah tersebut merupakan tanah luar angkasa tiruan. Satu merupakan tiruan dari tanah mars, sedangkan yang lain adalah tiruan dari tanah di bulan. Kedua jenis tanah tersebut bukanlah tanah yang secara langsung didapatkan dari bulan ataupun mars.

    Sebagai informasi, tanah tiruan yang mirip dengan tanah di planet Mars diambil dari gunung di Hawaii. Sedangkan tanah tiruan dari bulan diambil dari padang pasir di Arizona.

    Keduanya dianggap mempunyai komposisi tanah yang mirip dengan tanah di Mars dan di bulan. Hal ini berdasarkan sebelumnya mereka memperoleh sample tanah mars dan bulan dari berbagai percobaan penerbangan luar angkasa.

    Hasil penelitian mereka bahwa kedua tanah ini dapat digunakan secara langsung untuk bercocok tanam. Dengan menggunakan sistem pengairan yang tepat, tanaman seperti bayam, tomat dan berbagai macam sayuran lainnya bisa dikembangkan.

    Dengan adanya penelitian ini, para astronot diharapkan dapat secara langsung mengaplikasikannya di mars dan bulan secara langsung. Dengan begitu, mereka bisa mengurangi biaya yang dibutuhkan agar dapat bertahan hidup di luar angkasa. Ide yang sangat menarik.


    (dol)
    http://autotekno.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peneliti Belanda Kembangkan Sayuran di Planet Mars dan Bulan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top