728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 20 March 2016

    Puluhan Unggas Mati Mendadak di Cilandak, Semua Positif Flu Burung

    Pemusnahan unggas terinveksi flu burung (Foto: Istimewa)
    Jakarta - Puluhan unggas di kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, ditemukan mati mendadak. Suku Dinas Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan menyebut puluhan unggas itu mati karena virus Avian Influenza (AI) atau flu burung.

    "Kejadiannya di lokasi pemulung RT 14/RW 04 kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, dilaporkan ada 20 ayam dan entok mati mendadak. Kita ambil sampel bawa ke laboratorium positif flu burung (A1)," kata Kepala Suku Dinas Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan, Kristrisasi Helenandari saat dihubungi detikcom, Minggu (20/3/2016).

    Kristrisasi mengungkapkan, ada sekitar 30 unggas dan 20 di antaranya ditemukan mati. Dia kemudian mengambil langkah untuk memusnahkan seluruh unggas itu melalui prosedur khusus dan dilakukan oleh petugas khusus.

    "Kita melakukan prosedur focal culling (pemusnahan lokal), petugas yang melakukan pemusnahan juga menggunakan seragam khusus. Kita tidak hanya memusnahkan yang mati tapi semua kita matikan dengan cara dipotong kemudian dibakar baru dikubur. Baru kemudian kita desinfeksi atau cuci hama," jelas wanita yang akrab dipanggil Sasi ini.

    Sasi menambahkan, matinya puluhan unggas secara mendadak itu terjadi pada Selasa (15/3). Penduduk baru melaporkan ke instansi KPKP Jakarta Selatan pada Rabu (16/3), kemudian pihaknya langsung mengambil sampel dan membawa sampel itu ke laboratorium.

    "Hasil dari uji laboratorium itu keluar Kamis (17/3), menyatakan positif flu burung sehingga Jumat (18/3) langsung kita musnahkan dan desinfeksi di kandang-kandang unggas dan lokasi sekitar," sambungnya. 
    (hri/hri)

    http://news.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Unggas Mati Mendadak di Cilandak, Semua Positif Flu Burung Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top