728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 15 March 2016

    Santoso Terdeteksi di Desa Torire, Warga Ketakutan

    Polisi buru kelompok Santoso. (Dok/Sindonews)

    POSO - Keberadaan kelompok Santoso di sekitar kawasan hutan pegunungan Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah, Poso, Sulawesi Tengah, membuat warga setempat diliputi rasa ketakutan.

    Desa Torire yang berjarak sekitar 160 km dari Kota Poso ini memiliki populasi penduduk sebanyak 130 keluarga yang umumnya mengandalkan pendapatan mereka dari hasil pertanian sawah lahan basah, palawija, dan kebun kakao.

    Namun, sejak keberadaan kelompok Santoso terdeteksi di sekitar desa mereka yang tenang, membuat situasi langsung berubah drastis. Di ujung desa kini dibangun pos keamanan yang diisi oleh petugas TNI bersenjata lengkap yang memantau ketat pergerakan orang dan barang keluar masuk ke desa tersebut.

    Pemerintah desa yang juga mengkhawatirkan keselamatan warganya kemudian meminta masyarakat menghentikan aktivitas mereka di sawah ataupun kebun yang berada di sekitar kawasan hutan.

    "Masyarakat sudah tidak bisa lagi ke mana-mana karena takut dengan teroris, jadi pencaharian masyarakat sangat berkurang," kata Darius, warga.

    Warga Desa Torire khawatir bila situasi ini berlanjut maka tidak menutup kemungkinan warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang selama ini bersumber dari sawah maupun kebun.

    Kelompok teroris Santoso yang saat ini disebut berjumlah 39 orang masih dalam pengepungan oleh aparat gabungan TNI-Polri dalam Operasi Tinombala 2016. Sejauh ini operasi yang telah diperpanjang hingga enam bulan ke depan itu belum menunjukkan perkembangan signifikan.


    (zik)
    http://daerah.sindonews.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Santoso Terdeteksi di Desa Torire, Warga Ketakutan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top