728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 4 March 2016

    Setrika Anti Bolong Menang di BlackInnovation 2015


    Masih ingatkah Anda dengan berbagai karya kreatif anak muda di BlackInnovation 2015? Sejumlah finalis menciptakan produk inovatifnya, mulai dari Slide-Go!, Kaleng Hijau Kit, Setan Bolong, sampai GANTAS.
    Produk-produk seperti Setan Bolong dan GANTAS digarap oleh para inovator muda nan kreatif. Mereka adalah Haidir Furqoni dan Yulianto Hiu.
    Tahun 2015 lalu, mereka dan produk inovasi garapannya terpilih menjadi finalis BlackInnovation 2015. Kini, kedua nama tersebut keluar sebagai pemenangnya. Lalu, apa yang menginspirasi Haidir & Yulianto untuk menciptakan Setan Bolong dan GANTAS?
    Haidir menggarap Setrika Anti Bolong atau disingkat Setan Bolong, yaitu setrika yang dapat terangkat secara otomatis saat orang yang menggunakannya lupa meletakkan posisi setrika dengan benar dan mencegah baju yang sedang disetrika menjadi bolong.
    Setan Bolong, menurut Haidir, diciptakan karena masalah sehari-hari yang pernah dialami oleh para ibu rumah tangga, termasuk istrinya.. “Istri saya menyetrika dan lupa angkat, jadinya baju saya bolong,” tutur Haidir dalam video presentasinya di depan para juri BlackInnovation 2015.
    Anak muda kreatif lainnya, Yulianto Hiu, muncul dengan ide berbeda. Ia menggarap  GANTAS, yaitu produk yang menggabungkan gantungan kunci dan tas kain. Yulianto menciptakan GANTAS karena melihat maraknya penggunaan kantong plastik. Padahal, sampah plastik dapat merusak lingkungan karena baru dapat terurai seribu tahun kemudian.
    “Solusinya, orang membawa tas kain sendiri untuk berbelanja. Tapi kadang orang merasa ribet, malas, atau lupa membawa tas kain, jadi memilih pakai kantong plastik,” ujar Yulianto pada presentasinya.
    Dari sana, Yulianto mendapatkan ide untuk menggabungkan gantungan kunci dan tas dalam satu produk. Ukurannya kompak, hanya sebesar ponsel, sehingga praktis dan mudah dimasukkan ke saku. GANTAS terdiri dari pegangan tas, tas kain, dan gantungan kunci yang mudah dilepas.
    Produk inovatif lainnya datang dari Algi Ramdhan. Algi juga memenangkan BlackInnovation 2015 karena produk MUFE. Ini merupakan produk multifunction elastic dengan konsep modular. Modul-modulnya multifungsi, sehingga dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan.
    Produk unik lainnya adalah produk ciptaan Ansori Tison yang membawa produk meja setrika protable. Meja setrika ini dapat dilipat sehingga berbentuk seperti koper, lalu dapat digelar kembali menjadi meja setrika kala dibutuhkan. Meja setrika portable ini menjadi tepat guna untuk kebutuhan keluarga akan efisiensi ruang dan kenyamanan.
    BlackInnovation 2015 merupakan ajang persembahan Blackxperience.com yang menghadirkan ruang kreasi bagi para inovator muda untuk mengembangkan ide kreatif menjadi produk yang mempunyai nilai guna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
    Dari sejumlah inovator muda yang punya ide dan konsep brilian dalam menciptakan produk-produk tersebut, dipilih 3 inovator muda sebagai pemenang utama dan 1 orang inovator sebagai inovator favorit pilihan publik. Para pemenang utama mendapatkan hadiah masing-masing Rp 20 juta, sedangkan untuk pemenang favorit mendapatkan hadiah Rp. 10 juta.
    Ingin tahu lebih banyak tentang produk-produk inovatif dari pemenang BlackInnovation 2015 ini? Cek di sini! (Adv)
    http://biz.kompas.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Setrika Anti Bolong Menang di BlackInnovation 2015 Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top