728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 15 March 2016

    Siapa Sangka, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Nyeri Punggung

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Nyeri punggung bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya pada ibu hamil, nyeri terjadi akibat perut yang membesar dan memberikan beban tambahan pada punggung.

    Namun tahukah Anda jika mengendarai motor sport juga bisa membuat punggung terasa nyeri? Lalu, apakah olahraga sit-up benar-benar baik untuk tubuh?

    Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, Senin (14/3/2016), berikut 4 hal tak diduga yang bisa menyebabkan nyeri punggung.

    1. Motor sport

    dr Lutfi Gatam, SpOT (K), FICS, dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) mengatakan bahwa seorang pengendara sepeda motor sport hampir bisa dipastikan akan mengalami cedera tulang belakang. Tingkat cederanya bisa mulai dari yang ringan sampai berat.

    Cedera ringan menurut dr Lutfi gejala yang muncul biasanya nyeri punggung dan masih bisa diatasi dengan istirahat yang cukup dua sampai tiga hari. Akan tetapi ketika cedera yang terjadi berat dan rasa sakit tak tertahankan, maka tindakan operasi perlu dilakukan.

    "Kita naik motor kalau dalam jangka waktu sebentar aman. Tapi problemnya kita tuh kalau naik motor duduknya kan gini (condong ke depan -red) itu beban ke tulang belakang berat. Kalau orang yang duduk di belakang sih lebih aman karena dia duduknya lebih tegap. Itu paling aman," kata dr Lutfi.

    2. Gadget

    Penggunaan gadget secara berlebihan membuat orang lebih sering duduk membungkuk dengan posisi kepala menunduk. Hal ini menurut pakar bisa meningkatkan risiko nyeri punggung dan leher.

    Hal itu disampaikan Chetan Khanna, terapis okupasi dan konsultan ergonomis di Dynamic Occupational Health. Ia mengatakan rasa nyeri yang muncul merupakan indikator bagi tubuh untuk segera mengubah posisi sehingga menghilangkan tekanan yang dialami tulang belakang.

    "Apalagi pemakaian gadget sering membuat anak menghabiskan waktunya dalam posisi duduk dan kepala yang menunduk. Maka itu, penting bagi orang tua meminta anak berdiri dan bergerak tiap 30 sampai 40 menit sekali. Coba lakukan peregangan dengan meletakkan tangan di pinggul dan menarik-dorong tubuh ke atas dan ke bawah beberapa kali. Lalu memiringkan badan ke kiri dan ke kanan dengan kaki tetap menapak," terangnya.

    3. Sit-up

    Pada zamannya, sit up pernah menjadi olahraga andalan untuk meratakan perut. Kini gerakan tersebut semakin ditinggalkan, dianggap ketinggalan zaman dan bahkan dilabeli 'dosa' sebagai penyebab cedera tulang belakang.

    Sebuah editorial di NavyTimes menyebut sit up sebagai penyebab utama cedera punggung bagian bawah. Sit up, yang dalam artikel tersebut disebutkan sebagai 'outdated exercise' alias olahraga yang ketinggalan zaman, perlu dihilangkan dari tes fisik angkatan laut Amerika Serikat (AS).

    Menurut Prof Stuart McGill, seorang profesor biomekanika tulang belakang dari University of Waterlo di Kanada, kombinasi antara tekanan yang tinggi dengan gerakan menekuk sangat membebani bantalan pada ruas tulang belakang. Lama kelamaan, bantalan tersebut bisa bengkak dan menyebabkan nyeri tulang belakang karena sarafnya terjepit.

    4. Datang bulan

    Datang bulan atau haid disebut pakar bisa mendatangkan rasa nyeri di bagian punggung. Meski begitu, tak perlu panik. Pakar mengatakan nyeri akibat datang bulan bukan termasuk nyeri berat dan bisa dihilangkan dengan obat.

    dr Mahdian Nur Nasution, SpBS mengatakan 90 persen wanita yang mengalami nyeri punggung saat datang bulan dapat sembuh hanya dengan mengkonsumsi paracetamol. Biasanya, wanita yang memiliki nyeri punggung  saat datang bulan memiliki kelainan pada organ reproduksinya seperti endometriosis

    "Nyeri saat datang bulan termasuk nyeri ringan. Maka cukup dengan memberikan paracetamol yang aman digunakaan siapapun," ujar dr Mahdian.(mrs/vit)

    http://health.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Siapa Sangka, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Nyeri Punggung Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top