728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 10 March 2016

    Tak Hanya Saat Gerhana, Kacamata Hitam Perlu Dipakai Tiap Hari

    Kacamata hitam tak hanya digunakan saat gerhana, tapi juga perlu untuk melindungi mata dari matahari setiap harinya.

    Liputan6.com, Jakarta Gemparnya fenomena alam yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) menuai pro dan kontra terhadap pemakaian kacamata khusus untuk menyaksikan GMT guna melindungi keamanan dan kenyamanan mata. Namun saja, bukan hanya saat menyaksikan GMT kita perlu menggunakan kacamata khusus - bahkan setiap harinya mata memerlukan perlindungan khusus dari paparan sinar matahari.

    Seperti dilansir laman Fox News, ditulis Rabu (9/3/2016) ada beberapa alasan yang membuat kita sebaiknya mulai membiasakan diri menggunakan kacamata hitam. 

    Dr Kerry Beebe, O.D., dari Brainerd Eyecare Center di Amerika, memberikan dua alasan kepada pasiennya tentang penggunaan kacamata hitam, yaitu untuk kesehatan dan kenyamanan. "Dari sudut pandang kesehatan dengan menggunakan kacamata hitam, maka mata akan terhindar dari semua sinar ultraviolet yang akan mengganggu mata hingga kulit kelopak mata. Sedangkan sisi kenyamanan berada pada menghindari rasa sensitif terhadap kecerahan atau kondisi silau, sehingga secara visual mata akan tampil lebih baik dan nyaman," ungkapnya.

    Beebe mengatakan kacamata hitam mampu melindungi mata dari sunburns (kondisi seperti terbakar pada kulit akibat paparan matahari) yang menyakitka. Kacamata hitam juga membantu memperlambat katarak dan degenerasi makula pada mata di kemudian hari. Terlebih paparan sinar matahari pada kulit di sekitar mata menjadikan area ini rentan terhadap kanker kulit.

    "Ini sebabnya mengapa mata memerlukan kacamata khusus untuk menyaring ultraviolet dari matahari untuk melindungi kulit juga tentunya mata hingga kanker kulit di daerah tersebut," jelas Beebe.

    Beebe menyarankan memilih kacamata hitam harus didasari dengan bahan kacamata yang mampu memblokir 99 persen paparan sinar ultraviolet A dan ultraviolet B. "Anda tidak perlu memiliki kacamata mahal untuk menghindari sinar UV, dengan memperhatikan segel khusus anti UV dan pemilihan lensa yang tidak distorsi, kacamata hitam siap dan aman untuk digunakan," pungkas Beebe.

    http://health.liputan6.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Hanya Saat Gerhana, Kacamata Hitam Perlu Dipakai Tiap Hari Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top